Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Tips Bicarakan Soal Sex Toys dengan Pasangan

Sex toys bisa jadi alat yang meningkatkan kualitas hubungan intim Anda dan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sex toys atau mainan seks menjadi salah satu alat yang bisa membantu Anda untuk lebih mengenali zona erotis tubuh. Terlebih, sex toys memang bermanfaat untuk memberikan rangsangan ekstra.

Meskipun lebih terkenal untuk digunakan sendiri, menambahkan sex toys dalam sesi seks bersama pasangan dianggap dapat memberikan kesenangan ekstra lho.

Terutama bila Anda dan pasangan ingin mencoba sesuatu yang baru atau berbeda, maka sex toys bisa untuk dijadikan sebagai pilihan.

"Mainan seks bagus untuk seks solo, namun tidak secara eksklusif berfungsi hanya untuk masturbasi," ujar seksolog sekaligus pelatih seks, Gigi Engle dikutip Elite Daily, Selasa (19/4/2022).

"Kita harus mengubah perspektif soal seks yang dikotak-kotakan. Mainan seks dapat digunakan untuk setiap jenis permainan seksual dan dapat digunakan dalam banyak cara untuk meningkatkan hubungan seks pasangan," Gigi menuturkan.

Dalam hal ini, mainan seks bisa menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan kehidupan seks bersama pasangan. Lalu, bagaimanakah cara membicarakannya? Berikut diantaranya.

1. Sex toys bukan pengganti

Saat hendak mencoba mainan seks bersama pasangan, penting untuk mengingatkannya bahwa itu bukanlah pengganti. Namun, mainan seks dapat melengkapi dan memberikan warna baru dalam kehidupan seks Anda.

"Mainan seks harus dilihat sebagai hadiah untuk kehidupan seks Anda, bukanlah ancaman. Ada stigma seolah-olah mainan seks itu dapat menggantikan pasangan," kata Gigi.

"Padahal tidak seperti itu. Mainan seks dirancang untuk dimainkan, dicoba, dan digunakan untuk membuat orgasme bersama-sama bagi pria dan wanita," tambahnya.

Maka sebelum Anda dan pasangan memutuskan untuk mencobanya, pastikan bahwa Anda sama-sama mengingat bahwa mainan seks hanyalah pelengkap, bukan pengganti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan afirmasi positif

Seks bisa menjadi subjek yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Anda mungkin tahu pasangan kemungkinan merasa tidak nyaman dengan bantuan seperti mainan seks.

Namun, Anda pun dapat menggunakan bahasa yang lebih baik dan menggunakan afirmasi yang positif untuk membantu membangun kepercayaan diri pasangan.

Membingkai kebutuhan atau keinginan Anda dengan afirmasi positif dapat secara langsung dan tidak langsung membuat pasangan merasa didukung untuk mencoba hal-hal baru.

"Anda bisa memulainya dengan mengungkapkan bahwa seks dengannya terasa luar biasa. Tapi Anda juga ingin mencoba bereksperimen dengan lebih banyak yakni dengan menggunakan mainan seks," kata Gigi.

Lebih lanjut Gigi menjelaskan, memulai dan mengakhiri obrolan dengan sesuatu yang positif dan seksi dapat membantu pasangan merasa lebih percaya diri saat Anda mendiskusikan tambahan mainan seks.

"Daripada mengatakan bahwa vibrator dapat membuat Anda merasa lebih luar biasa, katakanlah bahwa Anda menyukai bagimana ada perasaan tambahan yang diberikan oleh mainan seks," ujar Gigi.

Dengan begitu, pasangan mungkin juga akan merasa bersemangat untuk bereksperimen tanpa membuatnya merasa kecil.

3 dari 4 halaman

3. Sex toys untuk pasangan

Jika pasangan Anda bukanlah individu yang akrab dengan mainan seks, dirinya mungkin tidak tahu apa yang ada di luar sana.

Dalam hal ini, pasangan juga mungkin akan memiliki beberapa kesalahpahaman soal vibrator atau mainan seks lainnya. Mengingat kebanyakan mainan seks hanya berpusat pada vagina.

Maka, beritahu pasangan bahwa terdapat mainan seks yang memang dirancang untuk pasangan dan keduanya bisa mendapatkan kenikmatanyang sama.

"Banyak mainan dirancang dengan mempertimbangkan permainan pasangan. Ada mainan seks dengan alas yang panjang sehingga bisa menyentuh klitoris di saat penetrasi berlangsung," ujar Gigi.

"Ada juga mainan seks yang dapat meningkatkan seks oral atau hubungan seksual untuk pria, yang mana dapat memberikan kenikmatan dua kali lipat dari yang seharusnya," tambahnya.

Entah keputusan akhirnya Anda akan menggunakan tambahan mainan seks atau tidak, membicarakannya dengan pasangan mungkin dapat membantu dirinya untuk mendapatkan kesenangan yang sama.

Dengan begitu, kehidupan seks bisa dibumbui dengan sesuatu dan warna yang baru. Hal inipun dinilai baik dilakukan untuk membuat kehidupan seks menjadi tidak monoton.

4 dari 4 halaman

4. Mulailah dengan sederhana

Menurut Gigi, jika Anda dan pasangan baru saja ingin mencoba menggunakan mainan seks, maka mulailah dengan yang paling sederhana.

"Mulai dengan sederhana dan menyenangkan secara visual. Jangan langsung memilih mainan seks yang terlihat menakutkan. Anda bisa memilih sesuatu yang kecil dan imut," ujar Gigi.

Anda bisa mencoba vibrator dengan ukuran kecil atau mainan sederhana lainnya untuk membuat kehidupan seks terasa lebih bersemangat.

"Tidak peduli apa yang Anda dan pasangan sukai, menambahkan mainan seks dapat menjadi cara yang baik untuk kehidupan seks Anda. Tapi tentu penting untuk memiliki persetujuan dan niat yang baik sebelum melakukannya," kata Gigi.

Meskipun bereksperimen dalam seks bisa menjadi hal yang menyenangkan, memastikan kenyamanan dan keamanan kedua belah pihak adalah hal yang penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.