Sukses

Bermain Hula Hoop Bantu Turunkan Berat Badan dan Perut Kencang

Bermain hula hoop yang diimbangi diet benar bantu berat badan turun dan perut kencang

Liputan6.com, Jakarta Bermain hula hoop sangat menyenangkan ketika Anda masih kecil. Namun, hula hoop tidak hanya untuk anak-anak, Anda yang sudah dewasa dan bisa bermain hula hoop, bisa untuk menurunkan berat badan serta mengencangkan perut.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa hula hoop bisa membantu Anda menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan.

Dilansir Business Insider pada Senin, 18 April 2022, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berolahraga hula hoop selama 30 menit akan membakar hingga 210 kalori. Hula hoop juga dapat membantu postur, keseimbangan, dan kesehatan kardiovaskular Anda.

"Hula hoop dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, karena ini adalah latihan kardiovaskular yang hebat," kata pelatih kebugaran bersertifikat ACSM dan pemilik Beachlife Fitness Studios & Programs, Jennifer Jens.

Selain itu, hula hoop berbobot dapat menambah lebih banyak resistensi, mengintensifkan latihan Anda.

"Hula hoop benar-benar menyenangkan, dan ketika latihan Anda adalah sesuatu yang Anda suka, Anda akan cenderung untuk tetap pada rutinitas Anda," kata Jens menambahkan.

Fungsi Hoola Hoop Berbobot

Sebuah studi kecil tahun 2019 tentang individu yang kelebihan berat badan membandingkan enam minggu menggunakan hula hoop dengan beban selama enam minggu.

Para peserta yang bermain hula hoop kehilangan lemak perut dan meningkatkan otot perut mereka lebih banyak daripada mereka yang hanya berjalan.

Para peneliti juga mencatat bahwa hula hoop menurunkan kolesterol LDL peserta (alias kolesterol jahat).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermain Hula Hoop Bentuk Latihan Kardio

Hula hooping adalah bentuk latihan kardio, juga dikenal sebagai latihan aerobik, yang membuat jantung Anda terpompa.

"Anda perlu melakukan setidaknya 150 menit latihan kardiovaskular moderat seminggu untuk melihat manfaatnya. Manfaat kardio termasuk peningkatan daya tahan, lebih banyak energi, penurunan berat badan, peningkatan suasana hati, dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan," kata Jens.

Selain menawarkan bentuk kardio yang menyenangkan, hula hoop dapat mengencangkan otot inti dan postur Anda --- yaitu otot yang membuat Anda tetap tegak dan membantu postur Anda. Ini termasuk otot perut, obliques, dan panggul Anda.

Menyeimbangkan lingkaran di sekitar pinggang Anda dan terus-menerus mengedarkan tubuh Anda ke depan dan ke belakang melibatkan inti Anda dan membantu membangun kekuatan pada otot-otot ini.

Hula hoop juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan Anda. Pelatihan keseimbangan sering diabaikan; namun, ini sangat penting untuk stabilitas dan dapat membantu mencegah cedera terkait jatuh, terutama seiring bertambahnya usia.

 

3 dari 4 halaman

Sesuikan Berat dan Ukuran

Hula hoop tersedia dalam berbagai ukuran, jadi, penting untuk mendapatkan yang sesuai untuk Anda. Saat diletakkan di lantai, lingkaran itu idealnya berdiri setinggi bagian bawah tulang rusuk Anda, menurut Mayo Clinic.

"Akan ideal untuk membelinya secara langsung dan mencoba ring untuk ukuran dan beratnya. Namun, jika Anda membelinya secara online, gunakan tabel ukuran untuk menemukan ring untuk memenuhi kebutuhan Anda," kata Jens.

Hula hoop juga memiliki bobot yang berbeda, mulai dari satu hingga lima pon. Lingkaran berbobot berukuran lebih besar dan biasanya memiliki bantalan di sekelilingnya guna mencegah memar.

"Untuk memulai, belilah lingkaran yang tidak berbobot atau berbobot ringan dengan berat tidak lebih dari dua pon," kata Jens.

Lingkaran yang lebih kecil dan lebih ringan berputar lebih cepat dan membutuhkan lebih banyak energi; sedangkan lingkaran yang lebih besar dan lebih berat membutuhkan lebih sedikit energi untuk terus berjalan.

Penting: Lingkaran dengan beban berat tidak disarankan untuk pemula atau orang dengan masalah punggung.

"Saat memulai hula hooping, seperti halnya rutinitas olahraga baru, mulailah dengan lambat. Anda bisa mulai dengan sedikit peningkatan lima hingga 10 menit beberapa kali sehari dan mulai dari sana," kata Jens.

 

4 dari 4 halaman

Panduan Bermain Hula Hoop

Berikut adalah panduan untuk menyempurnakan teknik Anda. Pastikan untuk mempertahankan postur dan bentuk tubuh yang baik.

1. Berdiri dengan kaki selebar bahu, dengan satu kaki sedikit di depan yang lain. Jaga punggung Anda tetap lurus dan inti Anda bergerak. Hindari membungkuk saat Anda bermain hula hooping.

2. Letakkan hula hoop di pinggang Anda dan pegang kedua sisinya, biarkan menempel di punggung Anda.

3. Mulailah mengayun ke depan dan ke belakang untuk mendapatkan sedikit momentum, lalu putar lingkaran ke sisi mana pun yang lebih disukai.

Orang kidal mungkin lebih suka berlawanan arah jarum jam, sedangkan orang kidal mungkin lebih suka ritme searah jarum jam.

4. Setelah lingkaran mulai berputar, mulailah mengayunkan pinggul Anda ke depan dan ke belakang untuk memertahankannya. Gerakkan pinggul Anda ke depan saat lingkaran melewati perut Anda dan gerakkan ke belakang saat melewati punggung Anda.

Anda mungkin salah di awal, tetapi itu tidak masalah.

Cobalah untuk akhirnya mencapai ritme yang stabil dan pertahankan tanpa menghentikan atau menjatuhkan lingkaran. Jika lingkaran mulai tergelincir, Anda dapat mengayunkan pinggul sedikit lebih cepat untuk mengangkatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.