Sukses

Kenali 6 Jenis Diet Berdasarkan Kepribadian Anda

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada satu model diet yang bisa berhasil untuk semua orang. Pendekatan diet yang mungkin berhasil pada satu orang belum tentu berhasil untuk orang lain.

Ini bisa karena berbagai alasan, termasuk genetika, pilihan gaya hidup, dan bahkan kepribadian atau kebiasaan makan yang merusak keputusan makanan kita sehari-hari.

Penelitian terbaru dari CSIRO, Diet Types Study, meneliti perilaku makan lebih dari 245.000 peserta penelitian.

Dari kumpulan data ini, dan mengidentifikasi sejumlah 'tipe diet', dapat digunakan untuk meresepkan diet terbaik bagi individu tergantung pada kecenderungan perilaku yang mendasarinya, kekuatan dan kelemahan psikologisnya.

Cobalah memertimbangkan variabel-variabel ini ketika memulai diet Anda supaya berhasil dalam jangka panjang.

ahli diet dan ahli gizi Australia terkemuka, Susie Burrell, menekankan untuk memastikan diet yang Anda pilih tepat untuk tipe kepribadian Anda seperti dilansir Coach Nine pada Senin, 18 April 2022.

Seorang pemikir

Terhitung hampir 15 persen peserta yang diteliti, para pemikir termotivasi dan analitis dan suka melakukan sesuatu dengan benar. Mereka tidak dapat mengatasi dengan baik ketika pola makan mereka keluar jalur atau mereka merasa melakukan hal yang salah.

Pemikir suka bertanggung jawab kepada seseorang tetapi pada akhirnya membutuhkan dukungan, bukan kritik, untuk tetap termotivasi dan di jalurnya.

Pemikir perlu memahami apa yang mereka makan dan mengapa, serta memertanyakan pilihan dan program makanan untuk memahami alasan mereka mendapatkan hasil yang mereka cari.

Pendekatan diet terbaik untuk pemikir, yaitu temui ahli gizi untuk rencana dan dukungan yang dipersonalisasi.

Ahli diet akan merumuskan rencana individual untuk Anda dan memainkan peran sebagai pendukung utama untuk setiap perjalanan penurunan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tipe Kepribadian Lain untuk Menentukan Jenis Diet

Seorang Pejuang

Tipe pejuang rentan terhadap godaan makanan, lebih cenderung perempuan dan cenderung mengulangi siklus diet yang sama berulang-ulang.

Tipe pejuang terbiasa mencoba program diet terbaru dan terhebat, hanya saja tipe ini untuk merasa kesulitan untuk bertahan, sebelum merasa gagal dan tidak pernah membuat kemajuan nyata.

Pendekatan diet terbaik adalah cobalah sesuatu yang baru. Jika diet ketat tidak berhasil untuk Anda, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah mencobanya lagi dan lagi.

Sebaliknya, pendekatan penurunan berat badan yang lebih baru seperti online untuk mendapatkan dukungan, memesan makanan Anda secara online, atau memulai program baru dengan teman.

Ini mungkin yang Anda perlukan untuk mendapatkan hasil selama periode waktu tertentu daripada melompat-lompat dan pada program yang berbeda.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba berkali-kali sampai Anda mendapatkan hasilnya.

Bila tidak berhasil juga, baru Anda pikirkan untuk menjajal jenis diet yang lain.

 

3 dari 4 halaman

Seorang Craver

Dari semua jenis diet, cravers memiliki indeks massa tubuh (BMI) tertinggi, dan cenderung mengidam dan makan berlebihan saat ada makanan dan camilan yang menggoda.

Apabila Anda sering mengidam makanan dan Anda selalu mengikuti program berat badan, sekarang saatnya untuk mengunjungi dokter umum atau ahli endokrin untuk melihat apakah resistensi insulin dapat mendorong keinginan Anda untuk makan berlebihan.

Pendekatan diet terbaik yaitu periksakan hormon Anda dengan profesional medis. Rasa lapar yang berlebihan dan tidak dapat dijelaskan menunjukkan variabel hormonal atau fisiologis lain yang mendorong obsesi terhadap makanan.

Jika Anda selalu berjuang dengan berat badan Anda, ada obat baru dan inovatif yang tersedia yang dapat mendukung Anda dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

Seorang pleaser

Seseorang dengan tipe pleaser mudah dipengaruhi orang-orang di sekitar mereka, dan membutuhkan dukungan untuk membantu membimbing mereka melalui perjalanan penurunan berat badan mereka.

Orang pleaser cenderung merespons dengan baik program dan pendekatan yang berbasis kelompok atau juga diikuti oleh orang-orang di sekitar mereka.

Pendekatan diet terbaik adalah program online untuk saran dan dukungan berkelanjutan.

Bisa juga dengan pergi ke pusat kebugaran lokal yang mungkin menyediakan lingkungan yang mendukung dan berbagai program gaya hidup sehat yang dapat Anda ikuti sebagai bagian dari perjalanan kesehatan dan kebugaran Anda.

 

4 dari 4 halaman

Seorang Pecinta Makanan

Jika Anda menghabiskan banyak waktu luang Anda untuk membaca, menonton, menyiapkan, dan memikirkan makanan lezat yang dapat Anda makan dan siapkan, kemungkinan besar Anda adalah seorang pecinta kuliner.

Para pecinta kuliner membutuhkan program agar mereka tetap dapat menikmati makanan enak dan makan di luar, sambil belajar menahan efek kalori yang lebih tinggi pada waktu-waktu tertentu.

Pendekatan diet terbaik adalah Mediterania atau penghitungan kalori.

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bagi seorang foodie untuk menghitung kalori, tetapi alat penghitungan kalori dapat membantu foodie membuat keputusan tentang apa yang mereka makan dan kapan.

Sebagai alternatif, diet Mediterania yang berfokus pada makanan utuh dan alami yang tidak diproses juga merupakan pilihan, meskipun kemungkinannya kecil untuk mencapai penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Seorang sosialis

Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda menikmati makanan rumahan, dan memikirkan makan siang atau makan malam sendirian membuat Anda merasa sedih, kemungkinan Anda adalah seorang sosialis.

Anda memerlukan strategi praktis tentang cara yang dapat menyeimbangkan aspek sosial dari makan di luar dengan tujuan diet Anda.

Pendekatan diet terbaik adalah puasa intermiten (IF). Salah satu hal terbaik tentang rezim puasa intermiten, baik 5:2 dan 16:8 karena mereka memungkinkan pengikut untuk bekerja dalam diet dengan jadwal mereka.

Misalnya, berpuasa hingga siang hari jika Anda berencana untuk makan di luar di malam hari, atau menyangga hari berkalori tinggi dengan yang lebih rendah kalori.

Kunci sukses adalah memilih rezim puasa dan menaatinya daripada terombang-ambing di antara pilihan puasa yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.