Sukses

Selain Cukup Cairan, Ini Saran Dokter agar Kulit dan Bibir Lembap Selama Bulan Puasa

Hindari produk yang bikin kulit kering selama puasa di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah klasik yang rentan mengintai saat bulan puasa adalah kulit kering, bibir pecah-pecah hingga muncul jerawat. Hal ini bisa muncul karena kurang asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadhan seperti disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin, Kardiana Dewi.

Namun, tenang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap punya kulit lembap juga bibir selama bulan Ramadhan. Berikut saran Kardiana:

1. Minum Air Putih 1,5 Liter

Selama Ramadhan, pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur.

“Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,” tambahnya seperti mengutip keterang pers dari Tokopedia.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Durasi Mandi

Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas. Hal ini dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dalam jangka panjang.

Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

3. Asupan Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kulit. Kurma, misalnya. Kardiana mengatakan, konsumsi kurma secara wajar dapat membuat kulit menjadi lembut.

"Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

4. Pelembap Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Ketahui jenis kulit Anda sebelum memilih pelembap. Ketika sudah tahu, pilih pelembap bertekstur ringan atau water based untuk kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering, pilih pelembap yang teksturnya lebih pekat atau creamy.

"Jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic," imbuhnya.

5. Hindari Produk yang Bikin Kulit Kering

Rangkaian perawatan kecantikan kulit tetap harus dijalankan secara rutin selama Ramadan. Meski begitu hindari produk eksfoliasi yang dapat mengikis sel-sel kulit untuk sementara. Selama puasa, kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

“Cek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid seperti AHA, BHA, retinol dan sebagainya karena dapat menimbulkan iritasi,” kata Kardiana.

Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata mengatakan bahwa hingga 17 April 222, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh dari merek lokal yang terkurasi di kampanye Ramadan Beauty Week.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.