Sukses

Rusia vs Ukraina, Anak-Anak Terdampak Perang Berisiko Alami Trauma Berkepanjangan

Dampak menakutkan dari perang Rusia vs Ukraina adalah anak-anak alami trauma berat dan berkepanjangan

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak yang hidup di daerah konflik seperti Ukraina memiliki konsekuensi trauma berkepanjangan.

Menurut data, hampir seperempat dari anak-anak di dunia diperkirakan tinggal di negara-negara yang terkena dampak konflik bersenjata atau bencana seperti Rusia vs Ukraina.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina, anak-anak di sana otomatis hidup di zona perang. Ancaman selalu datang terus-menerus.

Di sisi lain, penembakan, kehilangan orang yang dicintai, kekhawatiran untuk mengakses makanan, air minum bersih, perawatan kesehatan, dan rincian rutinitas mereka pun berubah total.

"Warisan perang ini akan menjadi generasi yang trauma," tulis direktur Desa Anak SOS di Ukraina, Serhii Lukashov, mengutip Al Jazeera pada Selasa, 12 April 2022.

Dampak kesehatan mental ini kemungkinan akan memiliki konsekuensi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Gangguan stres pasca-trauma (Post Traumatic Stress Disorder/PTSD) dan depresi adalah gangguan kesehatan mental yang paling umum setelah perang --- baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Sementara insiden gangguan ini sulit untuk diperkirakan, sebagian besar penelitian telah menemukan tingkat gangguan yang meningkat secara signifikan dibandingkan dengan populasi kontrol.

Misalnya, penelitian sebelumnya terhadap anak-anak pengungsi yang baru tiba menunjukkan tingkat kecemasan dari 49 persen menjadi 69 persen. Ini disertai prevalensi meningkat secara dramatis jika setidaknya satu orangtua telah disiksa atau jika sudah dipisahkan oleh keluarga.

PTSD dapat terjadi pada anak-anak bahkan setelah satu peristiwa traumatis, tetapi trauma yang berulang atau berkepanjangan meningkatkan risikonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala PTSD

Lukashov, menambahkan, gejala PTSD bervariasi, pengidapnya dapat menunjukkan ketakutan yang intens, ketidakberdayaan, kemarahan, kesedihan, horor atau penyangkalan.

Mereka juga dapat mengembangkan gejala fisik termasuk:

- Sakit kepala

- Sakit perut

- Menunjukkan reaksi emosional yang lebih tiba-tiba dan ekstrem

- Memiliki gangguan pola tidur

Anak-anak yang mengalami trauma berulang dapat mengembangkan semacam mati rasa emosional untuk mematikan atau memblokir rasa sakit dan trauma. Ini disebut disosiasi.

Depresi dapat terjadi pada anak-anak berusia tiga, mereka dapat merasa sedih atau putus asa, atau menunjukkan ketidaktertarikan pada hal-hal yang dulu mereka sukai.

"Pola tidur dan tingkat energi mereka dapat berubah, dan beberapa bahkan melukai diri sendiri," katanya.

Pengaruh perang pada kesehatan mental anak akan sangat bergantung pada dukungan yang mereka terima dari pengasuh mereka. Tapi ini juga menjadi sulit selama masa perang karena keterikatan normal seringkali terganggu.

Beberapa anak dapat kehilangan pengasuh mereka. Sebab, para pengasuh juga terdampak oleh perang. Bisa saja pengasuh mereka sendiri terlalu tertekan atau cemas dan terlalu sibuk melindungi atau menemukan penghidupan bagi keluarga mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

Efek Trauma

Untuk anak-anak, efek merugikan dari trauma perang tidak terbatas pada diagnosis kesehatan mental tertentu tetapi juga mencakup serangkaian hasil perkembangan yang luas dan beragam.

Ini dapat berdampak dan membahayakan hubungan, kinerja sekolah, dan kepuasan hidup secara umum. Hal ini diperparah oleh fakta bahwa konflik kekerasan seringkali menghancurkan atau merusak sekolah dan sistem pendidikan secara signifikan.

Tanpa struktur yang ditawarkan oleh sekolah, anak-anak akan membutuhkan orang dewasa dalam hidup mereka untuk menyediakan ini.

"Kami telah melihat video anak-anak Ukraina di bunker bawah tanah di mana orang dewasa memfasilitasi pelajaran dan waktu bermain yang ditentukan," katanya.

Perang tidak hanya memisahkan anak dari orang yang dicintai dan rutinitas sehari-hari. Namun, banyak juga yang harus meninggalkan rumah mereka dalam waktu singkat dan meninggalkan barang berharga mereka. Seperti selimut atau mainan favorit mereka.

Anak-anak sering mencari hal-hal ini ketika mereka perlu merasa aman. Tetapi selama perang, ketika anak-anak terpaksa melarikan diri dan membutuhkan benda-benda ini lebih dari sebelumnya, banyak yang tidak memilikinya.

4 dari 4 halaman

Sensitif Terhadap Akumulasi Stres

Bagi banyak anak Ukraina, meninggalkan rumah mereka juga berarti meninggalkan negara mereka. Anak-anak terlantar, terutama pengungsi, lebih rentan mengalami masalah psikologis. Mereka juga menghadapi faktor risiko tambahan dan dapat terkena berbagai bentuk eksploitasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak sangat sensitif terhadap akumulasi stres. Pada kenyataannya, ada banyak bukti terkait hubungan dosis-respons antara jumlah stressor yang dialami oleh anak-anak dan hasil kesehatan mental mereka. Bagi pengungsi anak, akumulasi stres umumnya berasal dari tiga kontributor utama yakni:

- Di negara asal mereka, banyak yang mungkin telah menyaksikan atau mengalami kekerasan, penyiksaan dan kehilangan keluarga dan teman

- Perjalanan ke negara perlindungan juga bisa menjadi saat stres lebih lanjut. Anak-anak pengungsi mungkin mengalami perpisahan dari orangtua mereka, baik karena kecelakaan atau sebagai strategi untuk memastikan keselamatan mereka

- Tahap terakhir untuk menemukan kelonggaran di negara lain dapat menjadi waktu yang lebih sulit karena banyak yang harus membuktikan klaim suaka mereka dan juga mencoba untuk berintegrasi ke dalam masyarakat baru

Periode ini semakin disebut sebagai periode 'trauma sekunder' untuk menyoroti masalah yang dihadapi. Saat tiba, seorang anak pengungsi perlu menetap di sekolah baru dan menemukan kelompok sebaya. Anak-anak mungkin harus mengambil peran orang dewasa sebelum waktunya, misalnya, sebagai penghubung bahasa yang vital dengan dunia luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.