Sukses

Lansia dengan Kolesterol Tinggi Bisa Berpuasa Asal Disiplin Jaga Pola Makan

Ada beberapa hal yang bantu lansia bisa berpuasa aman.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis penyakit dalam konsultan Zubairi Djoerban mengatakan orang lanjut usia (lansia) dengan kolesterol tinggi bisa tetap puasa secara aman. Namun, ia harusdisiplin menjaga pola makan.

"Diet rendah lemak, terutama lemak jenuh dan kolesterol. Pastikan cukup serat, dan mengontrol berat badan," kata Zubairi Djoerban mengutip Antara.

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, kata Zubairi, umumnya berasal dari hewan, seperti mentega, keju, es krim, daging kambing. Sedangkan sumber lemak tidak jenuh di antaranya kacang-kacangan, minyak jagung, serta ikan laut.

"Hindari sumber kolesterol seperti kuning telur, udang, dan makanan yang berasal dari hewan," kata pria yang juga konsultan hematologi dan onkologi itu.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bila kadar kolesterol tinggi, maka timbunan lemak di pembuluh darah mengembang dan endapan terus tumbuh, sehingga sulit bagi cukup darah untuk mengalir melalui arteri.

"Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke," kata pria yang karib disapa Prof Beri ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Darah untuk Tahu Kadar Kolesterol

Zubairi mengatakan kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi kolesterol di tubuh manusia.Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional AS (NHLBI) merekomendasikan agar pemeriksaan kolesterol dilakukan setiap satu hingga dua tahun untuk pria berusia 45 hingga 65 tahun dan wanita berusia 55 hingga 65 tahun.

Sedangkan usia di atas 65 tahun harus menjalani tes kolesterol setiap tahun, kata Zubairi.

"Seorang pasien usianya 50 tahun, tidak gemuk, sukanya makan lalapan dan tidak terlalu sering makan daging. Tapi hasil medical check up-nya menunjukkan bahwa dia mempunyai kolesterol yang tinggi," katanya.

Sumber kolesterol yang ada dalam darah sebagian besar berasal dari pembentukan kolesterol oleh hati dan sisanya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

"Itu kenapa yang tidak gemuk bisa punya kolesterol tinggi. Jadi, tak berarti yang gemuk pasti kolesterol tinggi, dan sebaliknya," kata dia. 

3 dari 3 halaman

Tips Aman Lansia Berpuasa

Hindari makanan tinggi gula dan garam yang menyebabkan mudah lelah, kurangi kafein yang menyebabkan buang air kecil lebih banyak sehingga berisiko dehidrasi, serta makan camilan bergizi seperti kurma, yoghurt tanpa pemanis, dan kacang badam.

"Makanan harus mengandung tiga porsi sayur dan tiga porsi buah. Selain mengandung serat, buah dan sayur juga mengandung vitamin yang berguna untuk mencegah low-density lipoprotein (LDL) berubah menjadi senyawa yang berbahaya," katanya.

Asupan makan yang sehat tanpa olahraga juga tidak akan efektif untuk menurunkan kolesterol. Zubairi menyarankan olahraga secara teratur, seperti joging dan jalan cepat selama 150 menit dalam sepekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.