Sukses

Tidur Menghadap Kiri Ternyata Punya Banyak Manfaat buat Kesehatan, Apa Saja?

Tahu nggak sih kalau ternyata posisi tidur menghadap ke kiri ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Tidur yang berkualitas di malam hari memang sangat penting. Tapi, bukan hanya perkara lamanya waktu tidur saja yang perlu diperhatikan. Posisi tidur yang tepat ternyata juga berperan untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Ada berbagai posisi tidur yang kenyamanannya tergantung diri masing-masing, mulai dari telentang, terkurap, hingga miring ke kanan atau kiri. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata posisi tidur menghadap ke kiri ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan? Mari bahas satu per satu!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membantu Proses Detoksifikasi

Tidur menghadap ke kiri ternyata memiliki sisi positif untuk mempengaruhi keseimbangan tubuh dan menstimulasi limpa. Limpa sendiri bekerja untuk mendukung metabolisme dan membuang racun di dalam tubuh dengan cara menguras racun yang ada ke sisi kiri jantung.

Saat kamu tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, kamu akan membantu akselerasi proses pembuangan racun di dalam tubuh yang dikenal dengan nama detoksifikasi. Sementara itu, jika tidur menghadap kanan akan membuat limpa bekerja ekstra keras untuk mengangkut racun ke sisi lain tubuh.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung bagian kiri bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Saat kamu tidur menghadap ke sebelah kiri, memudahkan cara kerja jantung untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh. Hal ini karena cara kerja limpa menuju jantung dipermudah dengan sistem gravitasi.

Berbeda jika kamu tidur menghadap ke sebelah kanan, maka sistem akan bekerja melawan gravitasi dan memompa darah dengan lebih keras. Inilah yang membuat sebaiknya tidur menghadap kiri untuk menjaga kesehatan jantung.

4 dari 6 halaman

Disarankan untuk Ibu Hamil

Tidur menghadap ke kiri ternyata lebih disarankan untuk ibu hamil pada trimester akhir masa kehamilannya. Saat tubuh menghadap kiri, hal ini dapat membantu mengangkat perut dengan lembut dan meringankan tekanan uterus di area liver yang ada di sebelah kanan perut. Hal ini juga dapat membuat peredaran darah jadi lebih baik sekaligus memudahkan distribusi nutrisi menuju placenta.

Manfaat lainnya adalah sirkulasi darah lebih baik, serta dapat menopang kaki dan punggung dengan baik. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mulai mengganti kebiasaan posisi tidur.

5 dari 6 halaman

Mendukung Pencernaan yang Lebih Baik

Tidur menghadap kiri menjadi praktik yang umum dalam Ayurveda. Dengan berbaring menghadap kiri, hal ini dapat mendukung perut dan pankreas memproduksi enzim yang mendukung proses pencernaan berada di sebelah kiri, sehingga tubuh dapat memproses pencernaan makanan dengan lebih baik.

Makanan yang ada di dalam tubuh bergerak secara perlahan menuju perut dan enzim pankreas akan dilepaskan secara bertahap sesuai kebutuhan. Hal ini tidak bisa terjadi dengan mudah jika kamu tidur menghadap ke kanan.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Gerd

Gerd belakangan ini jadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami generasi zaman now. Nah, tahu nggak kalau salah satu cara untuk meminimalisir kondisi tersebut adalah dengan tidur menghadap kiri?

Posisi tidur ini dapat mengurangi kemungkinan terkena gerd karena perut perada di bawah cardiac sphincter, yaitu otot yang berada di antara lambung dan esofagus. Jadi, asam lambung tidak akan naik kembali ke perut sehingga mencegah proses kenaikan asam lambung di malam hari.

Wah, ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari tidur dengan menghadap ke kiri. Jangan lupa jaga selalu kualitas tidur demi kesehatan yang optimal ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.