Sukses

Kenalkan Kepribadian ENFP yang Langka di Dunia, Energik dan Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Tipe kepribadian ini sungguh langka, hanya ada 8 persen dari populasi dunia. Tipe kepribadian yang dimaksud adalah ENFP (extroverted, intuitive, feeling, and perceiving). Maksudnya, orang berkepribadian ENFP merupakan orang yang  ekstrovert, intuitif, perasaan, dan persepsi.

Tipe kepribadian ini sekitar 8% dari populasi dunia, dengan lebih banyak wanita daripada pria (10% wanita adalah ENFP versus 6% pria).

Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), masing-masing dari kita termasuk dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian. Dan dari 16 kepribadian, hanya sedikit yang lebih energik atau antusias dalam mengekspresikan diri dibandingkan tipe ENFP.

Michael Segovia, konsultan senior di The Myers-Briggs Company, menjelaskan bahwa kepribadian ENFP dikenal spontan, kreatif, menarik, energik, dan berfokus pada masa depan. Dan John Hackston, kepala kepemimpinan pemikiran di The Myers-Briggs Company, menambahkan bahwa mereka juga antusias, peduli, dan berpusat pada orang.

Seperti dilansir Mind Body Green, orang dengan kepribadian ENFP suka mencoba atau berbagi hal baru, mulai dari ide hingga pengalaman, tetapi mereka dapat mengalami kesulitan dalam menindaklanjutinya. 

Dan Segovia menambahkan bahwa orang ENFP juga cenderung merasa kewalahan atau mengalami perubahan emosi yang tiba-tiba jika mereka dipaksa untuk membuat keputusan sebelum mereka siap.

ENFP menyukai kebebasan untuk mengikuti proses mereka sendiri, sehingga tenggat waktu dapat membuat mereka stres. "Karena itu, ENFP mungkin tertarik untuk berwirausaha," kata Segovia.

Dan seperti yang ditambahkan Hackston, mereka juga tertarik pada pekerjaan yang dapat memotivasi dan menginspirasi orang lain, menggabungkan inovasi dengan kerja tim dan nilai-nilai mereka, dan tentu saja, menjadi kreatif atau bahkan berseni.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sifat Utama ENFP

1. Antusias

ENFP memiliki antusiasme dalam berbagai hal, dari proyek gairah baru hingga bertemu orang baru. "Mereka adalah penggagas proyek yang antusias, tetapi mungkin bosan, atau bersemangat dengan ide baru lainnya, dan meninggalkan hal-hal yang belum selesai," kata Hackston.

2. Spontan

Tipe ini juga menyukai variasi, spontanitas, dan memiliki sikap "mengikuti arus"—karenanya sulit untuk tetap berada di jalur. "Mereka suka berbagi ide dan kemungkinan baru dengan orang lain [dan] mencari petualangan dan pengalaman baru," jelas Hackston.

3. Kreatif

Hackston mencatat bahwa ENFP juga pemikir kreatif, dengan fokus pada gambaran besar. Mereka dapat berpikir secara abstrak dan memiliki kapasitas yang kuat untuk berkreasi, meskipun mereka tidak selalu menangkap detail penting. 

"Mereka mungkin melihat koneksi baru yang tidak dimiliki orang lain, membantu mereka untuk lebih menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka—namun, terkadang mereka mungkin melihat tautan yang sebenarnya tidak ada, melihat agenda tersembunyi di mana hal semacam itu tidak dimaksudkan, "Hackston menjelaskan.

4. Karismatik

ENFP memiliki karisma secara alami yang menginspirasi dan memotivasi di sekitar."Orang yang memiliki preferensi ENFP adalah motivator alami, menikmati tantangan baru, dan menginspirasi orang lain baik dalam lingkungan profesional atau dalam kehidupan pribadi mereka," kata Segovia. Mereka juga dipandu oleh nilai-nilai pribadi yang kuat, tambah Hackston.

5. Dapat beradaptasi

Satu ciri terakhir dari ENFP adalah kemampuan mereka untuk beradaptasi dan fleksibel dalam berbagai skenario, atau dengan semua jenis orang. Seperti yang dijelaskan Segovia, tipe ini sering digambarkan mudah beradaptasi dengan perubahan, dan mereka suka membiarkan pilihan mereka tetap terbuka.

3 dari 3 halaman

ENFP dalam Hubungan

Cara ENFP berperilaku dalam hubungan mencerminkan kepribadian mereka yang spontan dan fleksibel. Menurut Segovia, orang ENFP suka bertemu orang baru, mendengar sudut pandang yang berbeda, dan mempertimbangkan pilihan mereka sebelum menetap dengan seseorang untuk jangka panjang.

Mereka cenderung menjadi pendengar yang suportif dan baik, membuat pasangan mereka merasa dilihat dan dihargai, katanya, menambahkan bahwa percakapan yang bermakna untuk berbagi mimpi, perasaan, dan pemikiran sangat berarti bagi mereka.

Menurut Hackston, orang ENFP ingin merasakan hubungan yang mendalam dengan pasangan romantis, dan mereka juga menginginkan seseorang yang bisa mereka ajak bersenang-senang. 

"Ini mungkin berlebihan atau terlalu intens bagi sebagian orang, jadi pasangan romantis yang ideal kemungkinan adalah seseorang yang membalas karakteristik ini—ENFP lain, misalnya—atau seseorang yang senang bersikap spontan dan mengikuti arus" (alias kemungkinan lain tipe persepsi). Dan seperti yang Segovia tambahkan, ENFP bisa "lebih sulit dipahami oleh tipe yang menghargai stabilitas dan rutinitas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.