Sukses

Kim Seon Ho Buka Warteg di Cikini, Bagi-Bagi Makanan Gratis untuk Buka Puasa

Warteg 'Mamang Seon Ho' tak lain adalah hadiah untuk Kim Seon Ho dari fans

Liputan6.com, Jakarta - Diam-diam aktor Kim Seon Ho membuka warteg alias warung Tegal pertamanya di Indonesia. Untuk saat ini baru beroperasi di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan akan buka di wilayah lainnya.

Warteg ini adalah hadiah dari Seonhohada --- sebutan basis penggemar Kim Seon Ho --- di Indonesia. Untuk sang idola yang akan berulang tahun ke-36 pada Mei mendatang. Yang digagas Seonhohada Indonesia Project.

Dijelaskan salah seorang tim Seonhohada Indonesia Project, Laila, warteg 'Mamang Seonho' diadakan sebagai proyek ulang tahun Kim Seon Ho di tahun 2022. Tahun lalu pun mulai dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum bulan Mei.

Proyek ulang tahun Kim Seon Ho kali ini dimulai di bulan April. Bertepatan dengan momentum puasa Ramadhan.

"Kenapa jadi di bulan Ramadhan, simply karena berdekatan dengan bulan Mei. Ramadhan juga identik dengan kebaikan, dan itu sejalan dengan tujuan SIP sendiri, menyebar kebaikan," kata Laila saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat.

Sehingga Seonhohada Indonesia Project menilai tidak ada salahnya apabila proyek warteg 'Mamang Seonho' beririsan langsung dengan bulan Ramadhan.

"Dan, hal ini memang sudah dikonsep dari awal proyek, enggak tiba-tiba berubah akadnya," Laila melanjutkan.

Adapun alasan menghadiahi Kim Seon Ho warteg lantaran pemeran Hong Dusik di drama Korea 'Hometown Cha-Cha-Cha' doyan sekali makan.

Kecintaannya akan makanan terlihat di berbagai momen. Paling jelas terlihat saat Kim Seon Ho tampil selama dua tahun di acara ragam (variety show) 2 Days 1 Night.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warteg Kim Seon Ho Buka di Cikini

Laila, melanjutkan, karena proyek dan penyaluran berlangsung di bulan Ramadhan, sangat umum dilakukan bagi-bagi makanan untuk buka puasa.

Selain itu, kata Laila, Seonhohada Indonesia ingin mengangkat sesuatu yang 'Indonesia banget' sebagai hadiah untuk Kim Seon Ho.

"Dan, masyarakat Indonesia melekat dengan warteg. Makanya, kami memutuskan untuk menggunakan konsep warteg gratis dalam proyek kali ini," kata Laila.

Saat ditanya apakah warteg ini cuma sekadar 'nama' doang atau 'numpang' warteg yang sudah ada, Laila menjawab yang mengarah pada poin nomor dua.

"Dalam proyek ini kami mencari warteg yang eksisting untuk kami 'branding' sebagai Warteg Mamang Seonho," katanya.

"Salah satu alasannya, ini juga bisa membantu UMKM atau warteg eksisting karena makanan yang mereka jual kita borong untuk kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan," Laila melanjutkan.

Warteg Kim Seon Ho yang pertama terletak di Jalan Kali Pasir Nomor 56, Cikini, Jakarta Pusat. Akan buka selama empat hari terhitung sejak 7 s/d 10 April 2022. 

Menurut Laila, akan dibagikan total 1.000 paket makanan untuk buka selama selama empat hari. 

3 dari 3 halaman

Terkumpul Ratusan Juga untuk Proyek Ulang Tahun Kim Seon Ho

Proyek warteg Kim Seon Ho dapat berjalan karena penggalangan dana melalui 'Kado Ultah Seonho' di situs Kita Bisa. Yang dibuka sejak 12 Maret 2022 dengan target sebesar Rp150 juta.

Namun, baru di penghujung Maret saja, sudah terkumpul uang sebesar Rp124.276.376 yang berasal dari 8.137 donatur.

"Penggalangan ini masih kita buka sampai tanggal 24 April 2022 dan penyaluran terakhir rencananya akan dilakukan di minggu terakhir bulan April sebelum Lebaran," kata Laila.

"Alhamdulillah, kalau dilihat respons Seonhohada untuk kegiatan kebaikan positif banget. Memang tercermin dari apa yang bisa dilihat dari Seonho. Seonhohada pun jadi senang ikut berbuat baik," Laila melanjutkan.

Untuk lokasi selanjutnya, Laila, mengaku, Seonhohada Indonesia Project masih melakukan proses skrining bersama dengan pihak NGO yang membantu dalam proses penyaluran.

Namun, kata Laila, harapannya warteg Kim Seon Ho bisa dibuka di daerah lain di luar Jakarta. Sehingga semakin banyak lagi orang yang merasakan manfaat dari warteg ini.

"Warteg gratis ini kami bagikan untuk warga yang membutuhkan, seperti pengemudi ojek online, tukang sapu jalanan, dhuafa, pejuang jalanan, pedagang, dan warga yang sedang berpuasa," ujarnya.

Laila memastikan bahwa seluruh transaksi dari uang yang masuk ke Kita Bisa dilakukan secara transparan. Dari halaman tersebut akan terlihat penyaluran dananya ke mana saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.