Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Ingin Segera Miliki Momongan? Intip 7 Tips Cepat Hamil dari Pakar

Intip tips cepat hamil dari pakar fertilitas berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa pasangan menikah memilih menunda kehamilan tapi ada juga yang ingin cepat hamil. Bagi Anda yang sudah siap untuk memiliki anak, berikut tips cepat hamil dari pakar. Selain tentu saja kuasa Tuhan.

Berikut tujuh hal yang bisa dilakukan agar cepat hamil dari beberapa pakar fertilitas. Berikut selengkapnya melansir Grow by Web MD, Kamis (7/4/2022).

1. Check up

Sebelum memulai, hal paling ideal adalah melakukan pemeriksaan ke dokter kebidanan dan kandungan. Konsultasikan mengenai perlu vitamin tambahan atau tidak.

Pada pasangan yang merencanakan kehamilan umumnya bakal diberi tambahan vitamin prenatal seperti asam folat yang membantu melindungi janin dari cacat lahir seperti spina bifida.Kehadiran asam folat amat dibutuhkan di tahap awal kehamilan, maka dari itu penting sekali mendapatkan asam folat sebelum terjadi kehamilan.

"Lakukan hal ini sebelum Anda dan pasangan mencoba hamil," kata profesor kebidanan dan kandungan dari Stanford University, Paula Hillard.

Bila dalam pemeriksaan terdapat masalah medis, hal ini bisa disembuhkan atau dikendalikan sebelum terjadi kehamilan."Sehingga, nanti kehamilan nanti aman."

2. Paham Siklus Menstruasi

Mencatat siklus menstruasi adalah tips cepat hamil selanjutnya yang penting dilakukan. Hal ini membantu 'memberi tahu' ketika masa paling subur atau fertil yakni saat ovulasi seperti disampaikan Hillard.

"Ketika tiba saat itu,bisa fokus untuk bercinta," katanya.

Pada saat ovulasi, tubuh memberikan tanda seperti perubahan cairan mukus di vagina. Biasanya amat licin ketika subur. Lalu, ada juga wanita yang merasakan nyeri ketika masa ovulasi tiba.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tak Usah Pedulikan Posisi Seks, Pilih yang Nyaman

Ada banyak bisikan-bisikan mengenai posisi seks paling cespleng agar cepat hamil. Semua itu mitos. Ada yang bilang woman on top ada juga sebaliknya yakni si gaya klasik misionaris.Faktanya, tidak ada bukti ilmiah bahwa misionaris lebih baik daripada woman on top dalam meningkatkan peluang kehamilan.

"Sangat jarang serviks wanita memiliki posisi tidak biasa yang bisa berpengaruh terhadap peluang kehamilan," kata James Goldfarb yang merupakan Direktur Infertilitas Servis Cleveland Clinic.

"Air mani berisi sperma yang merupakan makhluk kecil yang cepat bergerak," kata Hillard.

4. Tetap di Ranjang Usai Penetrasi

Bagi pejuang garis dua, pasti pernah mendengar bahkan melakukannya. Yakni mengangkat kaki ke atas usia bercinta. Katanya ini cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Apa iya? Umm tidak sepenuhnya salah.

"Menyarankan untuk tetap di kasur usai bercinta sekitar 10-15 menit adalah saran yang baik. Namun, tak perlu sampai mengangkat kaki," kata Goldfarb.

 

 

3 dari 4 halaman

5. Jangan Terlalu Sering Bercinta, Lakukan Santai

Saking menggebu-gebunya ingin punya anak lalu melakukan hubungan intim setiap hari. Itu, tidak tepat. Berhubungan seks setiap hari termasuk saat ovulasi tidak serta merta meningkatkan peluang hamil.

"Secara umum, saat ovulasi peluang hamil memang besar. Sperma bisa hidup di dalam sana hingga lima hari," kata Goldfarb.

Daripada ngoyo bercinta, Goldfarb menyarankan untuk bercinta secara teratur. Entah itu saat masa subur atau tidak.

Bagi pria, hindari juga mengenakan celana dalam ketat atau berendam di air hangat cenderung panas. Lalu, menaruh hape di kantong celana juga membuat area intim pria jadi panas. Hal itu membuat kualitas sperma jadi buruk seperti diungkap dalam studi di jurnal Fertility and Sterility.

6. Jauhkan Stres

Bagi pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah atau pun pasangan yang dikejar-kejar dengan pertanyaan kapan hamil memang rasanya tak nyaman. Namun, coba acuhkan itu semua. Lebih baik fokus pada hubungan Anda dan pasangan.

Stres bisa mengganggu proses ovulasi. Nah, semakin relaks Anda dan pasangan semakin baik. Bisa juga menjajal terapi akupunktur.

"Ada beberapa bukti bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil, "kata Goldfarb.

 

4 dari 4 halaman

7. Saran Klise tapi Mendasar: Jalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat amat memengaruhi kesuburan seseorang. Jadi, pastikan makan-makanan yang disantap sehat lalu jangan lupa berolahraga. Secukupnya saja berolahraga seperti 150 menit per minggu mengikuti saran WHO.

"Jika terlalu berlebih juga bisa membuat sulit alami ovulasi," kata Goldfarb.

Cara terbaik untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil sambil mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga teratur adalah dengan melakukan olahraga ringan. Contohnya jalan cepat atau bersepeda.

Upayakan berhenti merokok untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Merokok bisa membuat ovulasi jadi tak baik.Sudah melakukan hal di atas satu atau dua bulan tapi belum berhasil. Tenang dan jangan khawatir ya. Selain berdoa, mayoritas wanita bisa hamil setelah mencoba setahun.

"85 persen wanita akan hamil dalam waktu satu tahun setelah mencoba," kata Hillard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.