Sukses

Mengendarai ATV seperti yang Dilakukan Wika Salim Ternyata Punya Manfaat Sehat

Tak hanya sekadar seru, mengendarai ATV ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satu public figure yang pernah mengendarainya adalah Wika Salim.

Liputan6.com, Jakarta Mengendarai motor All Train Vehicle atau yang dikenal dengan sebutan ATV dalam berbagai jenis medan menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi. Salah satunya pernah dicoba oleh aktris sekaligus penyanyi dangdut Wika Salim.

Wanita berusia 30 tahun ini sebelumnya sempat mengunggah aktivitasnya saat tengah bermain ATV di media sosialnya. 

Beberapa tempat wisata pun menyediakan motor dengan roda empat ini untuk disewakan dan menjadi sarana rekreasi. Tak hanya sekadar seru, mengendarai ATV ternyata juga memiliki manfaat kesehatan lho.

Bahkan, mengendarai ATV memiliki manfaat fisik dan mental yang sama seperti berolahraga di gym. Hal ini dikemukakan oleh para peneliti York University Faculty of Health dalam studinya.

Menurut para peneliti, mengendarai ATV selama dua jam bisa setara dengan berbagai aktivitas olahraga seperti mendaki, jogging, ski, dan berenang.

Mengutip laman Wheels and Deals, hal ini lantaran mengendarai ATV melibatkan gerakan mengangkat, memutar, dan menekan pegangan saat Anda berjalan pada rute yang sulit.

Studi tersebut menemukan bahwa mengendarai ATV seminggu sekali bahkan dapat meningkatkan kebugaran kerangka tubuh dan otot.

Terkait hal ini, mengendarai ATV juga dikaitkan dengan kemampuan untuk mengembangkan postur tubuh menjadi lebih baik dan meningkatkan kemampuan untuk keseimbangan tubuh.

Tak berhenti di sana, asupan oksigen sekaligus sirkulasi darah dinilai juga dapat meningkat 3,5 sampai 6 kali.

Namun memang tidak semua orang dianggap bisa mengendarai ATV. Mengingat biasanya butuh biaya cukup besar untuk mengendarai atau bahkan memiliki motor ATV satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penghilang Stres

Penelitian satu ini ikut mengungkapkan bahwa mengendarai ATV bisa menjadi penghilang stres. Mengingat membawa motor besar tersebut membutuhkan konsentrasi penuh.

Anda pun kemungkinan besar akan berfokus mengendarainya dan menjauhkan pikiran dari masalah atau stres yang muncul dalam keseharian.

Terlebih, mengendarai ATV juga membawa Anda ke lingkungan luar dan alam, yang mana dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Manfaat lanjutannya, kegembiraan yang Anda dapatkan dari mengendarai ATV dapat meningkatkan hormon adrenalin dan endorfin.

Hal tersebut juga tertuang dalam studi yang dilakukan oleh Glasgow University. Para peneliti mengungkapkan bahwa olahraga di luar ruangan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mental Anda dibanding olahraga dalam ruangan.

3 dari 4 halaman

Imun dan Jantung Sehat

Mengingat lokasi pengendaraan ATV berada di luar ruangan, para pengendaranya pun bisa lebih mudah untuk terkena paparan sinar matahari dan mendapatkan vitamin D alami.

Vitamin D sendiri terkenal penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan perkembangan mental seseorang.

Di sisi lain, mengendarai ATV juga meningkatkan detak jantung dan dapat melenturkan otot jantung. Manfaatnya? Anda pun bisa memberikan kontribusi pada kesehatan dan kekuatan jantung.

Lebih lanjut, penelitian dari Glasgow University juga menambahkan bahwa mengendarai ATV dapat meningkatkan kebugaran sistem muskuloskeletal dan bermanfaat dalam mengendalikan obesitas.

Serta menjaga massa otot, meningkatkan sensitivitas insulin, hingga secara tidak langsung dapat mencegah faktor risiko pemicu terjadinya beberapa penyakit.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini