Sukses

Fujiko A Fujio, Pencipta Doraemon dan Ninja Hattori Meninggal Dunia

Salah satu pengarang Doraemon, Fujiko A Fujio meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Doraemon telah menjadi salah satu film anime Jepang yang banyak menghiasi layar kaca masyarakat Indonesia. Hari ini, salah satu pengarangnya Fujiko A Fujio meninggal dunia.

Fujiko Fujio merupakan nama samaran dari duo mangaka Jepang yang bernama asli Fujimo Hiroshi (Fujiko F Fujio) dan Motoo Abiko (Fujiko A Fujio).

Fujimoto Hiroshi telah lebih dulu meninggal dunia yakni pada 23 September 1996. Sedangkan, Abiko Motoo dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis 7 April 2022.

Mengutip laman News CGTN, Motoo Abiko atau Fujiko A Fujio meninggal dunia pada usia ke 88 tahun di kediamannya, Kawasaki.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, penyebab pasti kematian Fujiko A Fujio belum diketahui dengan jelas.

Sebelumnya pada tahun 2015, Fujiko A Fujio memang telah menghentikan manga esai karangannya yang berjudul Parman no Jounetsu-teki na Hibi (Parman's Intense Daily Life).

Hal tersebut lantaran dirinya sudah merasa kelelahan dan mengungkapkan masih mungkin untuk kembali menciptakan karya ketika merasa tubuhnya sudah lebih baik nantinya. Namun apa daya, hari ini dirinya telah dikabarkan meninggal dunia,

Keduanya bekerja sama sejak tahun 1951 untuk menciptakan berbagai karya, termasuk Doraemon dan Obake no Q-taro. Pada 1987, mereka memutuskan untuk berpisah dan memulai karirnya masing-masing dengan merilis karya berbeda.

Kini, Fujiko Fujio F dan Fujiko Fujio A mungkin telah kembali bertemu di alam yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ninja Hattori

Meski menjalankan karier terpisah, keduanya sama-sama telah memenangkan berbagai penghargaan atas nama individual maupun bersama.

Banyak penonton yang merasa bahwa Ninja Hattori memiliki kemiripan dengan Doraemon. Dari segi cerita, hingga alat-alat yang digunakan untuk membantu.

Hal ini lantaran keduanya memang dibuat oleh salah satu sosok yang sama yakni Fujiko A Fujio. Meskipun keduanya merupakan tokoh anime yang berbeda.

'Mendaki gunung, lewati lembah' pun telah menjadi lagu yang begitu akrab di telinga. Sama seperti 'Baling-baling bambu' yang akrab menjadi ucapan Doraemon.

Ninja Cilik Hattori telah tayang sejak tahun 1981 dan telah dibuat menjadi sebuah drama televisi, serial anime, hingga permainan video.

Tak hanya itu, Fujiko A Fujio juga memiliki sederet karya lainnya dari tahun ke tahun. Seperti Kaibutsu Kun, Warau-Salesman, Manga Michi, Mataro ga Kuru, Puro Gorufa Saru, Shadow Shokai Henkirou, hingga Shonen Jidai.

3 dari 3 halaman

Fujiko F Fujio meninggal lebih dulu

Seperti diketahui, Fujiko F Fujio yang menjadi rekan Fujiko A Fujio telah lebih dulu meninggal dunia yakni pada tahun 1996.

Mengutip laman AP News, Fujiko F Fujio meninggal karena gagal hati pada sebuah rumah sakit di Tokyo pada usia 62 tahun.

Selain terkenal karena karyanya Doraemon, pria bernama asli Hiroshi Fujimoto ini juga terkenal dengan karyanya yakni P-Man atau Perman.

Perman merupakan serial manga Jepang yang diilustrasikan dan ditulis langsung oleh Fujiko F Fujio, yang tentu figurnya tak asing lagi.

Tak hanya dicetak dalam banyak komik, karya Fujiko F Fujio juga dibuat menjadi program televisi hingga film animasi.

Saat meninggal, dirinya meninggalkan seorang istri dan ketiga anak perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.