Hidup dengan Satu Ginjal, Acha Septriasa Pantang Lakukan 2 Hal Ini

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 06 Apr 2022, 12:02 WIB
Diperbarui 06 Apr 2022, 12:02 WIB
FOTO: Gaya Casual Acha Septriasa, Jadi Inspirasi saat Hangout
Perbesar
Gaya casual Acha Septriasa dengan jumpsuit denim satu ini juga cocok dijadikan inspirasi saat hangout atau berlibur. Meski terlihat santai, namun penampilan ibu satu anak ini tetap stylish. (Liputan6.com/IG/@septriasaacha)

Liputan6.com, Jakarta Aktris dan penyanyi Acha Septriasa (32) mengabarkan bahwa dirinya hanya memiliki satu ginjal sejak. Hal ini membuat Acha perlu menghindari beberapa hal guna menjaga tubuh tetap sehat.

“Sebenarnya aku ginjalnya satu itu dari kecil tapi baru ditemukannya setelah USG, MRI, dan CT-Scan di umur 18 tahun,” kata Acha dalam video yang diunggah di saluran YouTube Ngobrol Asix pada Selasa (5/4/2022).

Menurut dokter yang menanganinya, walau hanya memiliki satu ginjal, Acha tetap bisa hidup normal. Hanya saja tidak dapat melakukan beberapa hal seperti olahraga berat dan begadang.

“Enggak boleh olahraga berat, enggak boleh stay up (begadang) sampai malam banget apalagi sampai pagi,” katanya.


Banyak Minum

Pelantun lagu "My Heart" juga diingatkan oleh dokternya untuk banyak minum agar ginjal tetap sehat. 

“Harus minum banyak (sekitar) 3,5 liter per hari karena ginjal itu bagaikan kamar mandi harus selalu disiram kata dokter. Jadi kalau mau ginjal sehat, minum banyak karena saringan darahnya di situ.”

Ia juga menjelaskan, konsumsi berbagai obat membuat beberapa bahan menempel di dinding ginjal sehingga harus sering disiram dan dibuang lewat buang air kecil.

“Waktu didiagnosis itu kaget sih, tapi dokter bilang enggak apa-apa, cuma aku kan anak basket nah itu harus setop, jam syuting enggak boleh di jam 3 lagi, jam 11 malam harus sudah pulang.”


Tidak Menahan Kencing

Setelah didiagnosis, ia tak pernah merasakan gejala parah karena sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjaga kondisinya.

“Pingsan atau sakit berlebihan itu enggak ada karena aku benar-benar tahu banget bahwa aku enggak boleh nahan pipis dan harus minum, jadi kuncinya di situ sebenarnya,” ujar Acha.

Dengan mengikuti anjuran dokter, ia bersyukur hingga kini keadaannya baik-baik saja. 

 


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya