Sukses

Tips Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

Permasalahan kulit jadi salah satu hal yang dapat Anda jumpai selama bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan kulit jadi salah satu hal yang dapat Anda jumpai selama bulan puasa. Mulai dari kulit dan bibir yang kering, hingga jerawat dan kulit yang kusam.

Kabar baiknya, permasalahan kulit tersebut masih bisa diatasi lho. Tak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam melalui asupan yang dikonsumsi.

"Agar kulit terlindungi saat puasa, pilihlah makanan yang tepat dengan gizi seimbang," ujar

Marina menjelaskan, pastikan konsumsi karbohidrat kompleks yang rendah gula, makanan dan minuman yang mengandung protein, sayuran, serta buah-buahan yang kaya akan vitamin A, B, dan C dalam menu sahur maupun buka puasa.

"Mengingat nutrisi dapat berkurang saat berpuasa, maka sebaiknya rutin menambahkan suplementasi vitamin D pada rutinitas," kata Marina.

"Vitamin D selain dapat mencegah kekambuhan penyakit kulit seperti eksim juga dapat memperbaiki imunitas saat berpuasa," jelasnya.

Serta, menghindari makanan atau minuman dengan kandungan gula dan minyak yang berlebihan. Marina menjelaskan, dua asupan tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1,5 liter air yang bisa dibagi dalam dua sesi yakni ketika sahur dan buka puasa. Cara ini dilakukan agar asupan cairan dalam tubuh tetap terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sunscreen dan pelembab

Lebih lanjut ia menjelaskan, penting pula untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) yang berfungsi untuk mencegah sinar UVA dan UVB.

"Sinar UVA dan UVB dapat merusak sel kulit dan penuaan. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dengan minimal PA++," ujar Marina.

Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan khusus untuk mencegah permasalahan kulit kering.

"Dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang mengandung hyaluronic acid atau gliserin secara rutin dua kali sehari sehabis mandi supaya dapat mempertahankan kulit dari kekeringan," kata Marina.

Sedangkan untuk mencegah bibir kering dan luka, Anda dapat menggunakan pelembab bibir dengan kandungan petroleum jelly tanpa pewangi.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.