Sukses

Apa yang Terjadi di Hati Saat Minum Kopi?

Berikut beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan hati Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian tentang kopi begitu banyak. Apalagi penikmat kopi juga tak sedikit jumlahnya. Beberapa manfaat diperoleh dengan minum kopi, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Akan tetapi mungkin orang tidak menyadari bahwa kopi juga dapat memengaruhi kesehatan hati.

Dikutip dari Eat This pada Senin, 4 April 2022, penelitian terus-menerus menunjukkan bahwa kopi dapat memiliki efek hepatoprotektif --- yang berarti dapat membantu melindungi hati dari kerusakan.

Ini kebalikan dari alkohol, misalnya, yang dapat menyebabkan hepatotoksisitas (kerusakan hati) jika dikonsumsi terlalu sering.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian yang dikutip berpusat pada minum kopi hitam.

Ini bukan berarti Anda harus meninggalkan gula dan krim selamanya. Namun, perlu dingat bahwa apa yang ditambahkan ke kopi Anda dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

 Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan hati Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kopi dapat melindungi dari fibrosis hati

Fibrosis hati adalah masalah serius yang disebabkan penumpukan terlalu banyak jaringan parut di hati. Seiring waktu, ini dapat memengaruhi fungsi hati Anda, tetapi fibrosis tahap ringan seringkali dapat dibalikkan melalui perubahan gaya hidup dan obat-obatan.

Sebuah studi dari The Journal of Hepatology menemukan bahwa minum kopi dan teh secara teratur dapat membantu mengurangi risiko fibrosis hati.

Salah satu cara untuk menguji fibrosis adalah dengan mengukur kekakuan hati, dan penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan berkurangnya kekakuan hati.

 

3 dari 7 halaman

2. Kopi dapat membantu mengelola kadar enzim hati

Hati mengandung enzim yang memercepat proses tertentu dalam tubuh, seperti memecah racun, produksi empedu, dan membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak enzim ini, dapat bocor ke aliran darah, yang bisa menjadi tanda penyakit atau kerusakan hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati, khususnya pada orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.

Ini juga ditemukan menurunkan enzim ini pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit hati.

 

4 dari 7 halaman

3. Kopi dapat mengurangi risiko sirosis

Sirosis hati adalah tahap lanjut dan lebih parah dari jaringan parut hati. Sayangnya, sirosis biasanya tidak dapat disembuhkan seperti halnya fibrosis, dan dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan membantu mengurangi sirosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi juga dapat membantu mengurangi risiko sirosis alkoholik --- tahap selanjutnya dari penyakit hati alkoholik --- serta mengurangi risiko kematian yang disebabkan sirosis alkoholik.

 

5 dari 7 halaman

4. Kopi dapat membantu mengurangi risiko kanker hati dan penyakit

Konsumsi kopi dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan hati Anda. Dan, menurut WHO, meminum minuman lezat ini juga dapat mengurangi risiko kanker hati.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi tidak hanya berpotensi mengurangi risiko kanker hati, tetapi juga dapat memperlambat perkembangan penyakit hati bagi sebagian orang.

6 dari 7 halaman

Klaim Minum Kopi Ringankan Covid-19 Omicron. Masa Iya?

7 dari 7 halaman

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.