Sukses

Tips Ajari Anak Puasa ala Nycta Gina, Salah Satunya dengan Tidak Memaksa

Nycta Gina dan suami telah mengajarkan anak-anaknya untuk berpuasa dan menerapkan itu mulai dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Dokter sekaligus penyiar radio Nycta Gina baru saja dinyatakan positif COVID-19. Kabar tersebut ia bagikan melalui unggahan dalam Instagram pribadinya.

Padahal, Nycta Gina bersama anak-anaknya Uta dan Uti sudah menjalankan ibadah puasa pada tahun lalu. Namun kali ini, mereka bertiga justru harus berjibaku dengan virus Corona sehari sebelum berpuasa.

Gina pun sempat membagikan tipsnya saat mengajari anak-anak untuk berpuasa. Cara ini dilakukannya bersama-sama dengan sang suami, Rizky Kinos.

"Aku tuh enggak pernah kayak menyuruh mereka (Uta dan Uti untuk puasa). Apapun yang aku harapkan anakku melakukan, itu biasanya kita dulu orangtuanya yang contohin," ujar Gina dalam konferensi pers Semangat #MenebarKebaikan Bersama MilkLife UHT Kurma di Bulan Suci Ramadhan ditulis Minggu, (3/4/2022).

"Mereka lihat kan, tahun lalu akhirnya mereka start mulai belajar puasa. Tapi dari tahun-tahun sebelumnya mereka sudah melihat. Kita sudah kasih tahu kalau ini bulan Ramadhan, kita sebagai umat Muslim harus berpuasa," tambahnya.

Gina pun mengungkapkan, ia juga menjelaskan pada Uta dan Uti terlebih dahulu bahwa puasa akan dilakukan mulai dari subuh hingga maghrib.

"Mereka juga jadinya lama-lama siap kali ya. At least kita menawarkan, ayo mau coba enggak puasa, dan aku enggak pernah memaksa. Kalau mereka jawab enggak, ya sudah," kata Gina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap menawarkan

Lebih lanjut Gina mengungkapkan bahwa dirinya biasa akan tetap mengajak Uta dan Uti untuk berpuasa. Serta, menjelaskan soal sahur bersama dirinya dan suami.

"Waktu itu tahun lalu, mereka kayak mau enggak cobain puasa, yuk cobain sahur sama ibu sama papa. Tapi harus pagi-pagi bangun, terus mereka kayak 'Oh iya-iya' ya sudah mau," ujar Gina.

Gina pun tidak mematokan puasa yang dilakukan anak-anaknya agar harus langsung penuh. Melainkan, ia mengizinkan bila memang Uta dan Uti hanya melakukan puasa setengah hari.

"Untuk sementara aku enggak biarin mereka puasa sampai jam enam sore. Puasa sampai jam 12. Kalau di tengah-tengah mereka ada kayak 'Haus...' habis main. Ya sudah buka tapi sambil baca doa, jadi artinya oh ini sudah buka puasa. Entar mau lanjut lagi ya monggo," kata Gina.

"Jadi puasanya masih dalam kategori belajar sambil bermain," Gina menjelaskan.  

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.