Sukses

Ulik Pakaian Kim Seon Ho Saat di Bandara Thailand, Benarkah Cerminan Pribadi yang Tertutup?

Kim Seon Ho memilih mengenakan kaos, celana santai, masker, saat ke Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Potret aktor Korea Selatan, Kim Seon Ho saat perjalanan ke Thailand ramai beredar di sosial media sejak Kamis, 31 Maret 2022.

Pria yang lekat dengan drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha ini terlihat menggunakan pakaian santai. Kaos dan masker warna putih, bucket hat, dan tas berwarna hitam jadi pilihannya hari itu.

Ternyata, pilihan outfit saat tengah melakukan perjalanan udara memiliki arti tersendiri lho. Lalu, kira-kira apa ya artinya?

"Citra seseorang dari penampilan berkaitan dengan kebutuhan seseorang yang belum terpenuhi dan bagaimana mereka ingin orang lain melihatnya," ujar psikolog di Los Angeles, Seth Meyers dikutip The Points Guy, Jumat, 1 April 2022.

Pendapat berbeda disampaikan profesor psikologi University of Washington di Seattle, Jonathan Bricker. Menurutnya, penampilan seseorang antara begitu rapi dan berantakan dapat menjadi indikator ketelitian seseorang.

"Anda mungkin pernah melihat seseorang di bandara mengenakan pakaian yang jelas membutuhkan usaha. Seperti pria berjas dengan sepatu mengkilat dan wanita dengan rambut yang ditata sempurna," ujar Jonathan. 

"Itu adalah orang yang sangat sadar akan citra mereka dan memiliki kebutuhan untuk terlihat menarik dan diperhatikan," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Outfit dari segi warna

Selanjutnya Jonathan menjelaskan, pilihan warna yang diambil dari penampilan seseorang juga dapat mencerminkan pikiran seseorang terhadap suatu hal.

"Semakin mencolok atau lebih tidak biasa warnanya, biasanya orang itu akan lebih easy going, ramah, dan percaya diri secara sosial, karena dapat dikatakan orang itu bersedia bila orang lain membentuk persepsi tentang dirinya," ujar Jonathan.

"Warna-warna mencolok seperti merah, oranye, hijau cerah, atau pastel juga bisa menunjukkan keterbukaan terhadap pengalaman baru. Semakin tidak biasa warnanya, semakin orang tersebut lebih mencari perhatian dan ingin diperhatikan. Terutama warna merah," tambahnya.

Di sisi lain, Jonathan menjelaskan, orang-orang yang menggunakan baju berwarna gelap dan tidak bersuara seperti hitam, abu-abu, atau coklat justru secara tidak sadar sebenarnya tidak ingin begitu menonjol.

"Gelap, coklat, abu-abu, biru tua tidak menarik perhatian Anda, dan itu penting untuk tipe orang yang lebih tertutup,” kata Jonathan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.