Sukses

Begini Asal-Usul April Mop, Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1.500an

Ada banyak spekultasi terkait asal-usul terciptanya April Mop.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya tanggal 1 April selalu diperingati sebagai April Fools Day atau April Mop, sebuah hari dimana lelucon dan tipuan secara sengaja terjadi dilakukan bersamaan oleh banyak orang.

Lelucon April Mop pun telah terjadi di banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Hingga kini, asal-usul terciptanya April Mop pun masih belum diketahui. Banyak spekulasi yang mengiri hari bersejarah satu ini.

Mengutip laman Today, April Mop berawal dari salah satu acara berita di Inggris, Panorama mengumumkan bahwa akan ada panen spaghetti di Swiss.

Kabar tersebut disampaikan oleh jurnalis dan penyiar Richard Dimbleby pada 1 April 1957. Para penonton pun menyambut berita tersebut dengan antusias, yang mana sebenarnya merupakan bagian dari April Mop.

"Orang-orang menyukainya karena itu lucu dan menyenangkan. Ya, ada banyak lelucon buruk yang dimainkan selama bertahun-tahun dan bagi sebagian orang itu adalah cara untuk menjadi 'jahat' kepada orang lain," ujar pustakawan budaya pop di Texas Tech University, Rob Weiner.

"April Mop memberikan cara untuk mengerjai seseorang atau lelucon tanpa melakukan terlalu banyak bahaya,” tambahnya.

Menurut para ahli di Museum of Hoaxes, teori paling populer tentang asal-usul April Mop melibatkan adanya reformasi kalender Prancis abad ke 16.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keliru soal tanggal

Mengutip History, pada tahun 1582, Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian seperti yang diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Dalam kalender Julian, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April. Orang-orang yang terlambat mendapatkan berita pun tidak menyadari kalau tanggal tahun baru telah berubah ke 1 Januari.

Akhirnya, mereka terus merayakan tahun baru pada akhir bulan Maret hingga 1 April, yang mana akhirnya menjadikan hal tersebut lelucon yang disebut April Fools.

Spekulasi lainnya soal April Mop juga terjadi festival Hilaria, Roma Kuno pada akhir Maret. Dalam kesempatan tersebut, orang-orang berdandan dalam penyamaran untuk mengejek sesama warga bahkan hakim.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.