Sukses

Segelas Susu Kurma di Sahur atau Berbuka Puasa, Badan Jos Selama Ramadhan

Susu kurma memiliki banyak manfaat bagi yang melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Buah kurma menjadi salah satu asupan yang begitu khas di bulan Ramadhan. Kehadirannya hampir selalu menghiasi meja makan saat buka puasa.

Pun dengan susu yang telah terkenal dengan banyak manfaatnya. Ketika digabungkan, susu dan kurma pun dapat berkolaborasi menjadi satu kesatuan dengan segudang manfaat bagi yang puasa.

Dijelaskan ahli gizi, dr Feni Nugraha MARS MGz, susu juga menjadi asupan yang sebaiknya dipenuhi selama Ramadhan karena mengandung protein.

Adapun fungsi protein yang terkandung di segelas susu berguna untuk pertumbuhan sel, membantu fungsi kekuatan otot, mengandung karbohidrat jadi sumber energi untuk berpuasa, mengandung lemak, vitamin, dan mineral yang baik.

Tak ketinggalan, ada kandungan vitamin D untuk kesehatan tulang.

"Jadi, susu ini memang boleh ditambahkan. Tetapi tetap harus dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya," kata Feni dalam konferensi pers Semangat #MenebarKebaikan Bersama MilkLife UHT Kurma di Bulan Suci Ramadhan pada Selasa, 29 Maret 2022.

Terlebih, kurma juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga dapat memberikan energi yang hilang dan gula darah yang turun ketika berpuasa selama 14 jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengandung asupan nutrisi

Lebih lanjut Marketing Manager Global Dairi Alami, Bernardeth Virna Widiastuty mengungkapkan bahwa susu kurma mencakup asupan penting bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

"Kombinasi keduanya kalau kita gabungkan itu sangat banyak manfaatnya terutama untuk bulan puasa. Bisa untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama berpuasa," ujar Virna

Susu, lanjut Virna, memang sumber zat gizi yang dapat kita konsumsi. Minumnya bisa pada saat sahur, jadi sebagai tambahan nutrisi kita atau saat berbuka puasa atau pada saat buka puasa.

"Di dalam susu ini kaya akan kandungan zat gizi diantaranya mengandung protein. Si protein ini penting banget selama pandemi ini karena membantu menjaga daya tahan tubuh kita tetap terjaga dengan baik," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Susu kurma versi praktis

Berkaitan dengan hal tersebut, MilkLife pun meluncurkan susu kurma khusus yang bisa dikonsumsi langsung selama bulan Ramadhan.

"Dengan adanya MilkLife susu varian kurma ini kita harapkan selama puasa kita tidak lupa minum susu. Jadi kita ingin menebar kebaikan dari susu dan kurma dalam kemasan yang praktis dan mudah," ujar Virna.

Tak hanya itu, MilkLife juga meluncurkan susu bebas laktosa yang bisa dinikmati oleh masyarakat yang memang memiliki intoleransi pada laktosa.

Feni menambahkan, seseorang yang memiliki intoleransi pada laktosa biasanya akan merasakan ketidaknyamanan di perut hingga mengalami diare. Seperti saat meminum susu biasa tanpa kandungan bebas laktosa.

"Kalau bagi individu yang mengalami intoleransi laktosa, dimana ketika mengonsumsi sesuatu yang mengandung laktosa salah satunya susu, alarmnya 30-60 menit setelah mengonsumsi susu yang mengandung laktosa tersebut langsung perutnya enggak enak, kembung, sendawa, dan diare," kata Feni.

"Jadi untuk individu yang seperti itu, nah itu alarm. Jadi mungkin bisa memilih susu yang bebas laktosa," tambahnya. 

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.