Sukses

Syarat Vaksin Booster untuk Mudik Lebaran 2022 demi Aman COVID-19

Vaksin booster menjadi syarat mudik Lebaran 2022 demi perlindungan dari COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, syarat vaksin booster untuk mudik Lebaran 2022 demi perlindungan masyarakat dari COVID-19. Dalam hal ini, Pemerintah berupaya menjamin masyarakat aman selama Lebaran.

Untuk pengecekan status vaksinasi booster pun akan menyasar para calon pemudik, baik yang mudik Lebaran menggunakan transportasi umum (darat, laut, udara) maupun kendaraan pribadi. Pengecekan dilakukan melalui 'Sertifikat Vaksinasi' melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Pemerintah tengah mempersiapkan kondisi yang terkendali seperti kedisiplinan protokol, kesehatan, dan cakupan vaksinasi agar masyarakat dapat menjalankan aktivitas sosial masyarakat, termasuk aktivitas keagamaan agar tetap aman COVID-19," ujar Wiku menjawab pertanyaan Health Liputan6.com di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Pemerintah terus mengejar percepatan vaksinasi lengkap 2 dosis dan booster. Apalagi sebagai persiapan masa mudik Lebaran, vaksinasi dapat mengurangi risiko perburukan jika terpapar COVID-19, utamanya populasi rentan.

"Di masa transisi dan penyesuaian ini, khususnya menjelang periode Hari Raya Idulfitri, perlu adanya sikap kehati-hatian dari setiap individu agar sebisa mungkin berinisiatif mengurangi risiko penularan COVID-19 yang ada, terutama pada populasi rentan seperti lansia," imbuh Wiku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Booster untuk Perlindungan

Demi perlindungan yang menyeluruh terhadap populasi rentan, lanjut Wiku Adisasmito, vaksinasi COVID-19 juga harus digencarkan, termasuk upaya booster.

"Perlu diingat kembali, bahwa terdapat rentang waktu dari sejak vaksin pertama kali disuntik sampai imunitas dalam tubuh benar-benar terbentuk. Merujuk pendapat ahli imunologi, rata-rata imunitas terhadap COVID-19 dapat efektif terbentuk dalam tubuh setelah 1-2 minggu setelah penyuntikkan dilakukan," jelasnya.

Fakta di atas dapat menjadi penyemangat untuk segera mendapatkan vaksin sebelum kembali aktif dalam melakukan kegiatan dan berinteraksi sosial pada skala besar, terutama kegiatan keagamaan Ramadan dan Idulfitri.

"Ingat, vaksin yang terbaik adalah vaksin yang paling cepat kita dapatkan karena semua jenis vaksin akan sama efektifnya tanpa memandang apa mereknya," pungkas Wiku.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.