Sukses

Gemas Maksimal, Anjing Bantu Majikan Lakukan Sit Up Latih Otot Perut

Sit up dapat dilakukan dengan benar, salah satunya dengan menambahkan beban di bagian kaki untuk mempertahankan posisi.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga menjadi salah satu kunci hidup sehat dan dapat dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Salah satu jenisnya yang sudah tidak asing lagi adalah sit up.

Dalam sebuah video yang beredar baru-baru ini, terlihat cuplikan seorang anak kecil yang tengah melakukan sit up dengan bantuan anjing peliharaannya.

Anjing berbulu campuran putih dan hitam ini seolah begitu sigap membantu anak kecil tersebut melakukan sit up dengan duduk di kakinya dan meletakkan tangan kedua tangannya di lutut sang anak.

"Saya pikir saya bisa melanjutkan ini," tulis pengguna akun Twitter @Wadai_movie_7 untuk mendeskripsikan video tersebut pada Selasa, 22 Maret 2022.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, unggahan video tersebut telah disukai oleh lebih dari 9.500 pengguna Twitter dan diunggah kembali (retweet) oleh lebih dari 1,700 pengguna.

Sit up memang menjadi olahraga yang banyak digemari. Mengutip laman Verywell Fit, sit up ternyata memiliki banyak manfaat lho.

Salah satunya dapat membantu memperkuat otot perut. Bahkan seringkali menjadi olahraga wajib bagi mereka yang ingin memiliki perut rata maupun membentuk abs.

Terlebih dengan menggunakan bantuan beban yang menahan dibagian kaki seperti yang dilakukan anjing tersebut dianggap dapat membuat orang yang melakukan sit up-nya tetap bertahan pada posisi yang tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fleksibilitas tulang belakang

Tak hanya dapat membantu membentuk otot perut, sit up juga dapat membantu fleksibilitas tulang belakang apabila dilakukan dengan benar.

Seseorang yang biasa melakukan mobilitas terbatas mungkin akan kesulitan melakukan gerakan satu ini, namun seiring berjalannya waktu, Anda pun bisa tetap terlatih melakukan gerakan yang tersebut dengan baik.

Sit up juga dapat memberikan manfaat sekunder lewat fleksibilitas yang diberikan, yakni dapat mengurangi dan mencegah terjadinya nyeri punggung dan pinggul.

Studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine juga mengatakan hal serupa, dimana sit up memang terbukti dapat menjaga punggung, pinggul, dan tulang belakang agar tetap sehat.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.