Sukses

Epidemiolog: Lonjakan Kasus di Korsel dan China Bukti COVID-19 Sebagai Penyakit Pandemi Belum Berakhir

Lonjakan kasus COVID-19 di Korea Selatan dan China serta tingginya kasus kematian di Hong Kong merupakan bukti nyata bahwa COVID-19 sebagai penyakit pandemi belum berakhir.

Liputan6.com, Jakarta Epidemiolog Dicky Budiman mengatakan bahwa lonjakan kasus COVID-19 di Korea Selatan dan China serta tingginya kasus kematian di Hong Kong merupakan bukti nyata bahwa COVID-19 sebagai penyakit pandemi belum berakhir.

"Mau sebagian negara berkehendak menetapkan COVID-19 sebagai endemi, secara nyata dan fakta, COVID-19 ini belum berakhir sebagai penyakit pandemi," kata Dicky.

Penyakit pandemi artinya COVID-19 masih mengancam seluruh wilayah dunia tanpa terkecuali karena belum bisa direm lajunya oleh karena imunitas dari sebagian penduduk dunia telah ada. Fakta bahwa setengah populasi dunia sudah memiliki imunitas COVID-19 baik dari infeksi maupun vaksinasi belum mampu meredam COVID-19. Terbukti dari masih muncul varian baru seperti Omicron serta subvarian BA.2 yang menyebabkan tinggi kasus di beberapa negara di atas serta Eropa.

"BA.2 bisa menjadi perburukan faktor pandemi di suatu negara Eropa. Di China bisa sebabkan beberapa wilayah harus lockdown, lalu di Korea Selatan dalam sejarah pandemi tes positivity rate mendekati 90 persen. Ini luar biasa," kata Dicky lewat pesan suara ke Health-Liputan6.com.

Dengan fakta di atas, membuktikan bahwa pandemi belum berakhir. Di sisi lain, membuktikan juga bahwa Omicron bukanlah varian virus SARS-CoV-2 yang tidak lemah.

"Omicron yang dianggap lemah bisa sebabkan kematian bahkan lebih banyak dari Delta," kata pria yang juga peneliti Global Health Security dan Pandemi pada Center for Environment and Population Health di Griffith University Australia ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Penting untuk RI

Melihat kasus di Korea Selatan, China, Hong Kong serta negara Eropa, Dicky berpesan agar situasi global ini harus dijadikan pelajaran bagi RI dalam membuat dasar mitigasi.

"Bahwa pelonggaran yang dilakukan harus terukur, bertahap dan tidak bisa digeneralisasi, harus dilakukan per wilayah," sarannya.

Bisa juga dilihat dari perilaku warga terhadap protokol kesehatan serta meniliki dari capaian vaksinasi COVID-19 dalam membuat aturan pelonggaran mobilitas.

"Bukan tidak mungkin kita mengalami hal serupa seperti di negara tersebut. Bisa saja terjadi gelombang selanjutnya tapi kita harus bisa memitigasi 3T tidak boleh dikendorkan secara drastis," kata Dicky.

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Indonesia Siapkan Skenario dari Pandemi ke Endemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini