Sukses

Bersepeda dengan Cara Ini Bisa Bakar Kalori Lebih dari 2 Kali Lipat

Kalori dan lemak dapat terbakar banyak hanya dengan bersepeda

Liputan6.com, Jakarta - Anda yang ingin menghilangkan lemak di tubuh bisa dengan bersepeda. Bahkan dengan mengayuh sepeda bisa bakar kalori lebih dari dua kali lipat.

Namun, Anda perlu melakukan hal ini saat bersepeda. 

Dilansir Eat This pada Senin, 21 Maret 2022, untuk menghilangkan lemak perlu mengembangkan gaya hidup yang aktif dan sehat. Lakukan beberapa faktor kuncinya, yaitu makan dengan defisit kalori, konsisten melakukan latihan kekuatan, dan melakukan kardio. 

Salah satu aktivitas kardio yang paling populer adalah bersepeda. Anda bisa melakukannya di luar ruangan atau dengan sepeda olahraga.

Saat Anda melakukan aktivitas yang sama dengan kecepatan yang sama, tubuh Anda beradaptasi dengannya. Ini mengarah pada pembakaran lebih sedikit kalori dengan jumlah pekerjaan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bersepeda Bakar Lemak dan Kalori

Untuk menyiasatinya, melakukan perjalanan jarak yang lebih jauh, berkendara dengan kecepatan lebih tinggi, atau keduanya. Masalahnya dengan cara ini Anda hanya bisa bersepeda begitu cepat dan jauh. 

Jadi, cara lain untuk membakar lebih banyak kalori saat bersepeda adalah dengan mendaki bukit. Mendaki bukit pasti akan membakar lebih banyak kalori daripada jika Anda berada di permukaan yang datar.

Ini akan memaksa Anda untuk meningkatkan output daya Anda, merekrut lebih banyak kelompok otot, dan mendorong lebih keras untuk memanjat.

Jika Anda tidak memiliki akses ke bukit dan hanya sepeda olahraga, Anda dapat meningkatkan resistensi dan masuk ke posisi mendaki.

Di bawah ini adalah dua latihan yang dapat Anda terapkan ke dalam rutinitas bersepeda Anda.

 

3 dari 5 halaman

1. Mendaki Bukit

Temukan bukit dan lakukan pemanasan singkat untuk mempersiapkan kaki dan paru-paru saat Anda latihan. Condongkan tubuh ke depan ke sepeda Anda, dan melaju dengan cepat ke atas bukit.

Dengan mendaki bukit, Anda dapat bergantian antara duduk di pelana dan berdiri. 

Berdiri akan merekrut tubuh bagian atas dan inti Anda, dan juga akan meningkatkan detak jantung Anda. Bermain-main dengan kedua posisi, dengan set bergantian, atau membagi waktu Anda 50/50 selama mendaki.

Setelah Anda mencapai puncak, turun kembali ke bawah. Istirahat selama diperlukan sebelum melakukan set lain. Jadi, lakukan total tiga hingga lima set.

 

4 dari 5 halaman

2. Latihan sepeda sprint

Lakukan pemanasan lima menit dengan kecepatan yang nyaman yang dapat Anda pertahankan untuk mengalirkan darah ke kaki Anda, dan menyiapkan tubuh.

Setelah Anda semua melakukan pemanasan, ambil posisi berdiri, dan naikkan resistensi sebesar delapan hingga 12.

Lari cepat selama 30 detik secepat mungkin, lalu turunkan resistensi menjadi 2 hingga 4, dan jelajahi kecepatan tersebut selama 30 detik. Lakukan 6 hingga 10 putaran.

5 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.