Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

6 Hal yang Dibutuhkan Wanita untuk Kehidupan Seks yang Bahagia dan Sehat

Berikut adalah 6 tips yang dapat membantu wanita menikmati keintiman seksual.

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan mendapatkan mood dalam berhubungan seks atau mencapai orgasme? Solusinya mungkin sesederhana mengetahui apa yang Anda suka di kamar tidur. Berikut adalah 6 tips yang dapat membantu wanita menikmati keintiman seksual.

Sebelum itu, studi telah menemukan bercinta dengan pasangan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bahkan meningkatkan kekebalan. Tapi jika Anda tidak selalu memiliki mood untuk itu, Anda tidak sendirian. Banyak wanita memiliki dorongan seks yang berfluktuasi, yang mungkin timbul dari masalah yang lebih besar, kata Ian Kerner, PhD, seorang psikoterapis dan terapis seks di New York City.

"Dalam beberapa hal, hasrat seksual adalah barometer kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika libido seseorang rendah, sering kali bisa menjadi indikasi bahwa ia sedang terganggu secara emosional atau fisik," jelasnya.

Maka, dilansir dari Everydayhealth, untuk mengatasi penghalang di kamar tidur ini sehingga bisa menciptakan lebih banyak momen panas dengan pasangan, berikut ini 6 hal yang wanita menikah butuhkan agar lebih bahagia dan sehat.

1. Ketahui apa yang Anda suka dan tidak suka di kamar tidur

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menikmati diri sendiri di tempat tidur adalah mengetahui apa yang Anda sukai, kata Dr. Kerner. Ketahui apa yang terasa menyenangkan, apa yang membuat Anda bersemangat, apa yang membuat Anda tidak bersemangat, rangsangan yang Anda butuhkan untuk bergerak melalui proses gairah, posisi yang Anda sukai, dan pasangan yang dapat menari dengan Anda dengan cara itu dan mengetahui tariannya, adalah bermanfaat,” jelasnya.

Penting juga untuk dapat mengomunikasikan keinginan ini kepada pasangan Anda, tambahnya. “Jika Anda merasa tidak nyaman untuk berbagi, kemas dalam bentuk fantasi,” saran Kerner. Misalnya, Anda dapat memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda memiliki lamunan tentang bagaimana Anda berdua dulu bermesraan seperti remaja. "Cobalah untuk gunakan bahasa yang membangkitkan semangat,” katanya. "Melakukannya akan membantu mengarahkan Anda ke jenis seks yang Anda inginkan." Masturbasi juga dapat membantu wanita mempelajari apa yang mereka sukai di tempat tidur dan merasa lebih berdaya secara seksual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Usahakan fokus pada momen dan hilangkan gangguan

Dengan stres tinggi, tentu normal jika kehidupan seks terganggu, bahkan meskipun kita sudah berusaha. Tetapi terutama bagi wanita, penting untuk fokus pada saat ini. "Anda ingin berada di tempat yang santai di mana otak Anda benar-benar dinonaktifkan, sehingga Anda dapat mengalami gairah penuh dan orgasme ," jelas Kerner.

Ilmu pengetahuan mendukung gagasan bahwa menghilangkan kebisingan dapat membantu wanita meningkatkan kehidupan seks mereka. Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2017 di Journal of Sexual Research menemukan bahwa wanita melaporkan peningkatan signifikan dalam hasrat seksual, fungsi seksual secara keseluruhan, dan pengurangan tekanan terkait seks setelah program perhatian delapan sesi. Studi lain, yang diterbitkan pada 2018 di Journal of Sex and Marital Therapy, menemukan bahwa wanita yang bermeditasi mendapat skor lebih tinggi pada ukuran fungsi dan hasrat seksual.

Tapi jika Anda masih disibukkan memikirkan tumpukan tugas dan hanya menyisakan sedikit untuk memikirkan kamar tidur, berfantasi dapat membantu Anda fokus. "Saya pikir fantasi adalah cara yang sangat ampuh untuk mematikan otak Anda yang cemas," kata Kerner. Ketika berbicara dengan pasien wanita selama bertahun-tahun, banyak yang berfantasi saat berhubungan seks secara alami atau sadar persis untuk alasan itu, untuk masuk ke dalam keadaan gairah yang lebih dalam."

3. Miliki pemikiran positif tentang citra tubuh diri dan kepercayaan diri dalam bercinta

Jika seorang wanita merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, mungkin akan lebih sulit baginya untuk menikmati seks. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa citra tubuh, termasuk masalah berat badan, kondisi fisik, daya tarik seksual, dan pikiran tentang tubuh selama aktivitas seksual, memprediksi kepuasan seksual pada wanita. Temuan menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kepuasan seksual rendah akan membaik jika mengambil perawatan yang menargetkan aspek-aspek tertentu dari citra tubuh.

Studi lain yang diterbitkan dalam Electronic Journal of Human Sexuality, menemukan bahwa frekuensi olahraga dan kebugaran fisik meningkatkan daya tarik dan meningkatkan tingkat energi, yang keduanya membuat orang merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Sebagai tambahan, mereka yang merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri mungkin merasa bahwa mereka lebih diinginkan secara seksual dan dapat tampil lebih baik secara seksual.

"Memiliki pemikiran negatif tentang citra tubuh diri dapat menghalangi dan menjadi faktor penghambat. Sebaliknya, memiliki pemikiran positif tentang itu dapat meningkatkan kepercayaan diri. Saya pernah menemui pasien yang kehilangan satu atau dua pon atau mulai berolahraga dan menemukan bahwa harga diri seksual mereka meningkat,” kata Kerner.

Padahal, penting untuk Anda menyadari bahwa pasangan Anda belum tentu memperhatikan penambahan berat badan, stretch mark (bekas luka operasi caesar) saat di tempat tidur. Jadi, Anda tidak harus memiliki tubuh sempurna untuk menikmati seksualitas Anda, kata Kerner. Karena mungkin saja justru pasangan Annda berpikir Anda terlihat sempurna apa adanya. "Banyak selera pribadi pria yang tidak sesuai dengan apa yang dikatakan media sebagai tubuh yang sempurna. Dan tentu saja selama seks dan gairah yang dalam, pria umumnya lebih fokus pada detail dan pengalaman seks daripada pada tubuh seseorang.”

4. Kepercayaan dan keamanan emosional dalam hubungan

Sulit untuk bersenang-senang jika Anda merasa terputus dari pasangan Anda atau khawatir tentang kesetiaan pasangan Anda. Jika Anda berpikir pasangan Anda mungkin berselingkuh, penting untuk mengatasinya. Untuk memulai percakapan dengan cara yang tidak konfrontatif, Kerner menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti, "Saya merasa kita tidak berhubungan akhir-akhir ini, dan Anda sering menggunakan ponsel atau SMS. Itu membuat saya merasa hubungan ini terancam." Kemudian jelaskan bahwa Anda ingin hubungan dan kehidupan seks Anda menjadi prioritas karena Anda menghargainya.

 

3 dari 3 halaman

5. Ketahui status kesehatan seksual pasangan

Siapa yang suka ditanya tentang penyakit menular seksual (PMS)? Meskipun mungkin terasa menyinggung, tapi justru jangan takut untuk bertanya tentang riwayat seksual pasangan Anda. Anda bahkan dapat memberikan kesan positif pada diskusi, saran Kerner.

Jika pasangan Anda tidak terbuka untuk berdiskusi, ia mungkin bukan orang yang tepat untuk Anda.

6. Temukan produk yang tepat untuk membuat seks lebih nyaman

Meskipun diketahui secara luas bahwa wanita pada usia tertentu cenderung mengalami kekeringan pada vagina, bahkan wanita yang lebih muda pun dapat mengalaminya. Agar lebih nyaman, coba gunakan pelumas. Tapi pilihlah jenis yang sesuai, karena tiap produk bisa memiliki bahan dasar yang berbeda dan jika salah, khawatir mengiritasi pasangan.

Kerner, yang merekomendasikan pelumas alami berbahan dasar air. Sliquid juga menekankan pentingnya foreplay agar Anda dapat melumasi secara alami. "Anda bisa terangsang secara fisik tetapi tidak secara mental, atau sebaliknya, jadi Anda mungkin perlu memberi diri Anda lebih banyak waktu untuk pemanasan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini