Sukses

WHO: Perang Bisa Timbulkan Konsekuensi Jangka Panjang pada Layanan Kesehatan Ukraina

Perang menimbulkan konsekuensi jangka panjang pada layanan kesehatan Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa perang menimbulkan konsekuensi jangka panjang pada layanan kesehatan Ukraina.

“Konsekuensi yang akan bergema selama bertahun-tahun atau dekade yang akan datang. Bisa terjadi gangguan parah terhadap layanan kesehatan dan akses terhadap bahan pokok. Ini sebagai akibat dari rusaknya infrastruktur secara luas, termasuk fasilitas kesehatan,” ujar Tedros mengutip keterangan pers WHO yang dirilis Kamis (17/3/2022).

WHO telah memverifikasi 43 serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan Ukraina, dengan 12 orang tewas dan 34 terluka, termasuk petugas kesehatan.

Dalam konflik apapun, serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional, lanjut Tedros.

“Mereka mencabut pasien dari perawatan yang sangat dibutuhkan dan menghancurkan sistem kesehatan yang sudah tegang.”

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Ekstrem

Lebih lanjut, gangguan terhadap layanan dan pasokan di Ukraina menimbulkan risiko ekstrem bagi orang dengan penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, HIV, dan TB. Penyakit-penyakit tersebut merupakan salah satu penyebab utama kematian di Ukraina.

Pengungsian, tempat tinggal yang buruk, dan kondisi kehidupan yang penuh sesak yang disebabkan oleh konflik cenderung meningkatkan risiko penyakit seperti campak, pneumonia, dan polio.

Layanan untuk kesehatan mental dan dukungan psikososial sangat dibutuhkan untuk membantu orang mengatasi dampak perang.

Ada lebih dari 35.000 pasien kesehatan mental di rumah sakit jiwa Ukraina dan fasilitas perawatan jangka panjang yang menghadapi kekurangan obat-obatan, makanan, pemanas, selimut dan banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Memperburuk Dampak Pandemi

Di sisi lain, perang juga memperburuk dampak pandemi COVID-19 di Ukraina. Dengan hanya sepertiga dari populasi orang dewasa yang divaksinasi lengkap, ini meningkatkan risiko sejumlah besar orang mengembangkan penyakit parah.

Kekurangan pasokan oksigen juga akan berdampak pada kemampuan merawat pasien COVID-19 dan banyak kondisi lainnya.

“Setidaknya 8 fasilitas untuk memproduksi dan menyimpan oksigen cair kini telah ditutup, dan kami sedang mencari cara untuk mengakses oksigen dari negara tetangga dan cara untuk mengirimkannya dengan aman ke tempat yang membutuhkannya.”

WHO ada di lapangan, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan mitra untuk mendukung petugas kesehatan dan sistem kesehatan untuk memberikan perawatan guna memenuhi kebutuhan kesehatan yang mendesak.

“Sejauh ini, kami telah mengirimkan sekitar 100 metrik ton pasokan medis, termasuk oksigen, insulin, perlengkapan bedah, anestesi, dan kit transfusi darah – cukup untuk 4.500 pasien trauma dan 450.000 pasien perawatan kesehatan primer, selama satu bulan,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.