Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Saat Terinfeksi COVID-19

Oleh Diviya Agatha pada 13 Mar 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 13 Mar 2022, 06:00 WIB
Konsumsi Makanan Tak Sehat
Perbesar
Ilustrasi Junk Food Credit: pexels.com/Szabi

Liputan6.com, Jakarta Tak ada makanan khusus yang dapat mempercepat durasi penyembuhan COVID-19. Namun, masih ada lho beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat Anda tengah terinfeksi virus satu ini.

Secara umum, mengonsumsi makanan olahan dan tinggi gula seperti makanan cepat saji, gorengan, soda, dan permen dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Sehingga mengonsumsinya pun dapat mempersulit sistem tubuh untuk melawan penyakit. Maka saat ingin mengusahakan yang terbaik bagi tubuh, ada baiknya untuk menghindari asupan tersebut.

Anda pun disarankan untuk memperhatikan asupan alkohol saat tubuh sedang bekerja untuk pulih dari COVID-19.

"Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, membuatnya lebih sulit untuk mempertahankan tubuh dari serangan patogen asing," ujar ahli gizi, Toby Amidor dikutip Health, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, alkohol juga dapat memicu peradangan di usus yang nantinya dapat berdampak negatif pada bakteri baik yang hidup didalamnya.

Hal tersebut dikarenakan bakteri baik tersebut diketahui dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

"Ketika Anda sedang tidak enak badan, memang mudah untuk tidak makan. Apalagi jika Anda sedang kehilangan indera perasa atau penciuman," ujar ahli gizi, Ana Reisdorf.

"Tapi makanlah apapun yang Anda bisa. Menemukan makanan apa yang cocok untuk lidah Anda saat sakit memang membutuhkan beberapa percobaan," tambahnya.


Konsumsi makanan sehat

Memang tidak ada makanan khusus atau sempurna yang dapat menjamin untuk membuat Anda merasa sehat dan terbebas dari virus.

Namun jika Anda ingin merasa lebih baik, meningkatkan energi, dan membangun sistem kekebalan yang sehat, tetap ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk mendorongnya.

Makanlah lebih banyak buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin dan protein tinggi. Meski tidak memasok mikronutrien utama, namun makanan yang mengandung vitamin dan protein dapat menjaga tingkat energi seseorang untuk lebih stabil sepanjang hari.

"Jika tenggorokan sakit atau gatal, berarti buah-buahan tidak akan mudah untuk tubuh. Cobalah dicampur menjadi smoothie atau dijadikan sup. Sup adalah cara yang baik untuk memasukan sayuran dan ringan di perut," kata Ana.

Mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, susu, dan yogurt juga dinilai dapat membantu. Terutama untuk mengatasi dehidrasi yang kemungkinan muncul akibat demam dan diare yang terjadi.


Infografis

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya