Sukses

Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Ingin Berteman dengan Mantan Pacar

Apa sajakah hal yang harus dipertimbangkan jika ingin berteman dengan mantan pacar?

Liputan6.com, Jakarta Menjalin hubungan yang baik dengan mantan kekasih bukanlah hal yang mustahil. Bahkan, beberapa dari Anda mungkin telah lama berteman dengan mantan.

Namun ternyata ada lho beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin berteman dengan mantan. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya.

1. Mengambil jeda

Menurut terapis seks dan hubungan, Michael J Salas, usai hubungan berakhir, ada baiknya untuk mengambil jeda terlebih dahulu sebelum kembali berteman dengan mantan.

"Biasanya saya merekomendasikan setidaknya tiga bulan untuk membiarkan semuanya meredam dulu, baru memulai hubungan baru sebagai teman," ujar Michael dikutip Cosmopolitan, Rabu (9/3/2022).

Michael menjelaskan bahwa cara ini dapat meminimalisisasi rasa sakit yang mungkin akan muncul usai hubungan berakhir.

2. Tetapkan batasan

Setelah Anda dan mantan telah mengambil jeda waktu yang cukup, maka Michael menyarankan untuk menetapkan batasan yang jelas.

Batasan yang ditetapkan antara seorang teman dan kekasih tentu akan berbeda. Dengan begini, Anda pun akan mengetahui bagaimana harus bersikap didepannya.

"Cara terbaik adalah dengan berteman bersama di lingkungan yang netral. Dengan cara ini, kecil kemungkinan untuk Anda tersandung untuk bersama kembali dibandingkan jika hanya bertemu berdua," kata Michael.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perasaan pasangan

Konselor pasangan, Raffi Bilek menjelaskan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana efek yang ditimbulkan ketika Anda berteman dengan mantan pada hubungan Anda yang baru.

"Penting untuk melihat bagaimana perasaan pasangan Anda, apakah dia nyaman bila Anda berteman dengan mantan? Anda harus mempertimbangkan itu dan menganggap ini sebagai hal yang serius," ujar Raffi.

Apabila Anda mengabaikan hal ini, maka bukan tidak mungkin pilihan untuk berteman dengan mantan justru dapat membuat masalah dalam hubungan yang baru.

4. Hubungan yang sehat

"Anda tidak bisa berteman dengan mantan jika Anda tidak mampu untuk membahas kesalahan masa lalu dan alasan mengapa Anda dan dirinya putus," ujar konselor, Katrina Pointer.

Jika mengabaikan masalah apapun yang menjadi penyebab dibalik putusnya hubungan, maka Anda akan kesulitan untuk memiliki persahabatan yang sehat.

5. Alasan untuk berteman

Psikolog klinis di New York, Mark B Borg Jr mengungkapkan bahwa penting untuk mengetahui apa alasan Anda untuk menjalin hubungan sebagai teman dengan mantan.

"Terkadang, orang ingin berteman dengan mantan terlalu cepat sebagai cara untuk menghindari proses berkabung atau patah hati," kata Mark.

Jika alasannya adalah Anda senang menghabiskan waktu bersama untuk melakukan banyak hobi dan minat, maka itu menjadi hal yang wajar.

"Tapi jangan lakukan itu apabila Anda hanya beralih dari memiliki status ke tidak memiliki status karena dianggap lebih mudah," tambah Mark.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.