Sukses

Menkes Budi: 1 dari 3 Orang Dewasa Alami Obesitas Sentral

Obesitas yang menjadi masalah kesehatan global rentan dialami orang dewasa, kata Menkes Budi Gunadi Sadikin

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa dalam setahun terakhir angka obesitas di Indonesia meningkat.

Budi, mengatakan, tercatat satu dari lima anak mengalami obesitas.

"Satu dari tiga orang dewasa mengalami obesitas sentral," katanya dalam webinar Hari Obesitas Sedunia pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Lebih lanjut Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, obesitas menjadi masalah global. Bukan hanya terjadi di negara maju, tapi juga negara berkembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

800 Juta Orang Hidup dengan Obesitas

Di dunia, kata Budi, ada 800 juta orang hidup dengan obesitas. Obesitas tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga ekonomi.

"Secara ekonomi menelan satu juta dollar sebagai konsekuensi medis dari obesitas," Budi menjelaskan.

 

3 dari 5 halaman

Obesitas Bisa Menimpa Siapa Saja

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut bahwa obesitas bisa terjadi mulai dari bayi hingga lansia.

Akar penyebab obesitas bersifat multifaktor sehingga pendekatan untuk mencegah dan mengobati obesitas harus dilakukan dengan melibatkan semua pihak.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Obesitas

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya obesitas. Di antaranya, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, rutin melakukan aktivitas fisik, mengelola stres serta mengurangi stigma obesitas.

"Pada Hari Obesitas Sedunia ini menjadi momentum untuk melakukan tindakan nyata mulai dari diri sendiri. Dengan semangat everybody needs to act dan mendorong semua pihak untuk mengambil peran dalam mencegah dan mengendalikan obesitas.," ujarnya.

"Dengan semangat ayo bersatu, kita cegah dan obati obesitas. Generasi Indonesia sehat tanpa obesitas," pungkas Budi.

Penulis: Tim Merdeka.com

5 dari 5 halaman

Infografis Obesitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.