Sukses

Mudah Dilakukan dan Bermanfaat, Ini 5 Cara Simpel Meregangkan Kaki

Meregangkan kaki ternyata punya manfaatnya tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Meregangkan kaki mungkin bukanlah suatu kebiasaan yang lumrah. Padahal, cara satu ini juga memiliki manfaatnya tersendiri lho.

"Seiring bertambahnya usia, kita cenderung kehilangan mobilitas dan fleksibilitas pada kaki, yang dapat menjadi masalah dalam hal keseimbangan," ujar terapis fisik, Kristin Williams dikutip Bustle, Sabtu (5/3/2022).

Hal tersebut dikarenakan otot yang menegang dapat membuat kaki tidak dapat bergerak dengan mudah. Terlebih, kaki yang kaku juga dapat berdampak pada bagian tubuh lainnya.

"Kaki adalah satu-satunya hal yang menghubungkan Anda ke Bumi saat berdiri dan berjalan. Bagaimana kaki Anda berinteraksi dengan tanah menentukan juga bagaimana lutut, pinggul, hingga ke atas dapat merespons," ujar terapis fisik, Vinh Pham.

Dengan kata lain, kaki yang kencang atau kaku dapat mengganggu keselarasan lutut dan pinggul, sehingga bisa menyebabkan kekakuan dan nyeri yang mengganggu.

Itulah mengapa peregangan dianggap baik untuk membantu meringankan nyeri kaki, meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas, juga untuk menjaga kesehatan kaki di masa depan.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk meregangkan kaki yang baik dan benar? Berikut diantaranya.

1. Peregangan betis

Cara satu ini dapat menciptakan lebih banyak mobilitas untuk kaki Anda dengan membantu meningkatkan fleksibilitas pada otot.

Untuk meregangkan betis, langkahkah satu kaki ke belakang dan tekan melalui tumit Anda. Kemudian, tahanlah selama 60 detik.

2. Peregangan jari kaki

Cara ini menargetkan otot-otot kaki Anda. Berdirilah di dekat dinding dan gerakkan jari-jari kaki ke dinding. Jagalah agar bola kaki Anda tetap berada di lantai. Tahanlah selama 60 detik.

Anda juga bisa melakukan hal satu ini dengan menekuk lutut, dekatkan ke dinding sembari meraih satu kaki di belakang. Selanjutnya, tekan bagian atas jari kaki (kuku kaki) ke lantai sehingga kaki berada dalam posisi runcing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bantuan kelereng

Cara satu ini dapat membantu untuk meregangkan otot kaki Anda. Sebarkan segenggam kelereng dengan berbagai bentuk dan ukuran di lantai. Cobalah untuk mengambilnya satu per satu menggunakan jari kaki.

"Mengambil kelereng seperti ini membutuhkan fleksi penuh dari jari-jari kaki, yang memberikan peregangan yang cukup baik dari sisi atas seluruh kaki dan jari kaki," ujar Kristin.

4. Memijat kaki

Untuk dapat menargetkan kaki secara penuh, duduk dan gulingkan bola tenis di bawah kaki. Cara ini menjadi pelepasan jaringan lunak yang baik untuk bagian bawah kaki.

"Ketika kaki kehilangan mobilitas, telapak kaki, di mana plantar fascia berada, menjadi terbatas dan dapat menyebabkan taji tulang berkembang di tumit,"

"Memijatnya di atas bola tenis atau golf adalah cara yang bagus untuk melunakkan jaringan ini dan membebaskan kaki dan jari kaki,” kata Kristin.

5. Berjalan tanpa alas kaki

Peregangan termudah dari semuanya adalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Kristin mengungkapkan, melakukan cara ini dengan teratur dapat memberi kaki kebebasan untuk bergerak secara alami.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.