Sukses

Status Pandemi COVID-19 di Indonesia Bakal Jadi Endemi, Apa dan Kapankah Itu?

Protokol untuk mengubah pandemi menjadi endemi di Indonesia tengah dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, kasus COVID-19 mulai mengalami penurunan. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pun memprediksi kasus nasional akan terus menurun dalam dua minggu kedepan.

Bahkan, Budi juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan protokol untuk mengubah pandemi menjadi endemi di Indonesia.

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," ujar Budi dalam konferensi pers dikutip News Liputan6.com, Selasa (1/3/2022).

Namun, apakah sebenarnya endemi itu? Benarkah Indonesia sudah mulai menuju ke arah sana? Berikut penjelasannya.

Mengutip Medical News Today, pandemi dan endemi adalah istilah yang menggambarkan seberapa jauh suatu penyakit atau patogen dapat menyebar dalam suatu wilayah.

Endemi sendiri merupakan kondisi dimana suatu penyakit akan selalu ada di suatu wilayah. Namun, prevalensi penyakit ini cukup stabil atau terkendali. Serta, penyakit tersebut juga dapat diprediksi dari waktu ke waktu.

Terdapat beberapa contoh penyakit yang telah berubah dari pandemi ke endemi seperti malaria, demam berdarah, hepatitis B, dan lain-lain.

Istilah pandemi dan endemi juga tidak menggambarkan tingkat keparahan dari suatu penyakit. Melainkan, hanya menggambarkan prevalensinya. Artinya, penyakit tersebut masih tetap ada.

Keduanya pun dapat berubah menjadi berkebalikan seiring berjalannya waktu. Saat suatu negara telah mengubah status pandemi menjadi endemi, maka tak menutup kemungkinan pula suatu saat akan kembali menjadi pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Endemi COVID-19 di Indonesia

Sejauh ini, pemerintah mengungkapkan Indonesia masih terus menyusun strategi untuk mengubah pandemi COVID-19 menjadi endemi.

Terlebih, Presiden RI Joko Widodo juga masih meminta agar hal ini dipertimbangkan secara hati-hati dan saintifik dalam berbagai aspek seperti kesehatan, sosial budaya, dan ekonomi.

"Kami memahami bahwa tidak bisa hanya pertimbangan kesehatan atau saintifik saja yang digunakan dan itu juga yang terjadi di negara-negara lain," kata Budi.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia akan melakukan transisi menuju endemi secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.

"Untuk dapat mencapai cita-cita transisi dari pandemi ke endemi, hal utama yang perlu dilakukan adalah menggenjot vaksinasi dosis kedua dan booster utamanya bagi para lansia," ujar Luhut dalam konferensi pers pada Senin, 21 Februari 2022.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.