Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Fakta tentang Kondom, Mulai dari Efektivitas hingga Ukuran

Ahli urologi dan ahli bedah panggul Amerika Serikat Dr. Rena Malik membagikan lima fakta terkait kondom.

Liputan6.com, Jakarta Ahli urologi dan ahli bedah panggul Amerika Serikat Dr. Rena Malik membagikan lima fakta terkait kondom.

Kelima fakta tersebut yakni:

98 Persen Efektif

Menurut Rena, bila digunakan dengan benar, kondom 98 persen efektif mencegah kehamilan dan Penyakit Menular Seksual (PMS).

"Namun jika tidak digunakan dengan benar, bisa pecah, mengurangi khasiatnya hingga 92 persen," katanya mengutip Mens Health Minggu (27/2/2022).

Dia menjelaskan bahwa pengguna harus selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa pada bungkus kondom sebelum menggunakannya. Di sisi lain, para pengguna juga perlu memastikan bahwa kondom hanya bekerja melawan PMS yang ditularkan melalui cairan tubuh dan bukan yang lain yang dapat ditularkan melalui sentuhan.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bisa Digunakan dengan Nyaman

Orang-orang memilih tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan alasan tidak nyaman. Jika mengalami ketidaknyamanan saat memakai kondom, kata Rena, kemungkinan pengguna menggunakan ukuran yang salah.

"Memiliki kecocokan yang buruk telah dikaitkan dengan penurunan kenikmatan, memiliki masalah dengan ereksi, dan kerusakan kondom itu sendiri," katanya.

3 dari 6 halaman

Perlu Pelumas

Dalam menggunakan kondom orang-orang menyangka bahwa pelumas sudah tidak diperlukan. Padahal, penggunaan pelumas pada penis baik sebelum dan sesudah memakai kondom dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan kenikmatan bagi kedua belah pihak.

"Anda bisa menggunakan pelumas berbasis air atau berbasis silikon, jangan gunakan pelumas berbahan dasar minyak karena bisa menyebabkan kondom rusak."

4 dari 6 halaman

Pentingnya Ukuran

Terkait ukuran, orang menganggap semua ukuran sama saja karena pada dasarnya kondom bisa melar dengan sendirinya.

Padahal, menurut Rena menggunakan kondom yang sesuai ukuran adalah hal penting.

"Jika kondom terlalu kecil, kemungkinan besar akan pecah. Jika terlalu besar, bisa lepas."

Sementara ukuran rata-rata kondom yang cocok di sebagian besar pengguna yakni memiliki lingkar dua inci (5,08cm) dan panjang tujuh inci (17,78cm). Namun, ini tidak akan sama untuk semua orang.

5 dari 6 halaman

Satu Kondom Cukup

Mitos yang beredar terkait kondom salah satunya terkait pemakaian 2 kondom sekaligus yang dianggap akan memberikan perlindungan lebih.

Padahal, itu tidak benar dan faktanya menggunakan dua kondom secara bersamaan sebenarnya akan menghalangi kemungkinan salah satu dari mereka bekerja dengan baik.

6 dari 6 halaman

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.