Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Waktu Tepat Berhubungan Seks dan Tips Bercinta Setelah Istri Melahirkan

Setelah melahirkan, rutinitas seks bisa berubah. Apalagi jika Anda baru saja memiliki bayi, bercinta mungkin menjadi hal terjauh dari pikiran Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melahirkan, rutinitas seks bisa berubah. Apalagi jika Anda baru saja memiliki bayi, bercinta mungkin menjadi hal terjauh dari pikiran Anda.

Tubuh seorang wanita telah melalui banyak hal dan membutuhkan waktu untuk pulih. Meski tidak ada masa tunggu yang dalam bisa berhubungan seks lagi namun sebagian besar penyedia layanan kesehatan menyarankan Anda menunda selama beberapa minggu.

Menurut Mayo Clinic, selama persalinan, kontraksi yang menyakitkan adalah cara tubuh Anda mendorong bayi ke bawah dan keluar dari jalan lahir, saat serviks terbuka. Jika persalinan dilakukan melalui operasi caesar, ada operasi besar untuk memotong kulit, lemak, otot, dan rahim sehingga bayi dapat dikeluarkan dari rahim.

Mungkin juga ada operasi dengan persalinan pervaginam yang berdasarkan Medline Plus disebut episiotomi, yaitu operasi kecil memperlebar pembukaan vagina. Untuk melakukan ini, dokter akan membuat sayatan di perineum (jaringan antara lubang vagina dan anus) selama melahirkan. Episiotomi tidak selalu dilakukan, tetapi mungkin diperlukan jika bayi Anda perlu dilahirkan dengan cepat, misalnya, jika bahu bayi Anda tersangkut di belakang tulang panggul Anda. Setelah bayi lahir, dokter akan menjahit sayatan tersebut.

Umumnya, persalinan pervagiman akan melibatkan robekan perineum. Ini terjadi ketika vagina orang tersebut dan jaringan di sekitarnya robek selama proses persalinan, seperti dikutip dari National Institute of Health. Terkadang robekan ini akan sembuh dengan sendirinya, namun jika robekan lebih parah, dokter akan menggunakan jahitan untuk menutupnya.

Terlepas dari metode persalinan mana yang digunakan atau seberapa lancar (atau tidak) persalinan berlangsung, Anda akan disarankan untuk melakukan "istirahat panggul" saat tubuh Anda pulih dari dampak persalinan, saran Sherry Ross, MD, seorang obgyn, dikutip dari Health. Maksudnya, tidak boleh ada apa pun di dalam vagina (tidak ada douching, tidak ada tampon, dan tidak ada seks penetrasi) selama itu.

"Tujuannya bukan hanya agar tubuh lekas sembuh, tetapi juga karena risiko mengalami komplikasi pascapersalinan, seperti infeksi pada sayatan atau robekan penyembuhan, paling tinggi selama dua minggu pertama setelah melahirkan," kata Ross.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa lama setelah melahirkan Anda bisa berhubungan seks?

Sekali lagi, tidak ada masa tunggu yang diperlukan. Tetapi Mayo Clinic melaporkan bahwa sebagian besar penyedia layanan kesehatan menyarankan untuk menunggu empat hingga enam minggu.

"Biasanya pada kunjungan enam minggu pascapersalinan, Anda akan diperiksa. Mulai menggunakan kontrasepsi, dan diberi lampu hijau untuk berhubungan seks lagi terlepas dari jenis persalinan yang Anda alami," jelas Dr. Ross.

Tetapi empat hingga enam minggu hanyalah aturan praktis untuk berapa lama menunggu. Amy Hill Fife, terapis fisik kesehatan panggul dengan praktik pribadi di Grand Junction, Colorado, menggunakan enam hingga delapan minggu sebagai standarnya. Ia mengatakan menunggu kadang-kadang bisa 12 minggu atau lebih karena jaringan vulvovaginal sembuh.

Skala waktu sangat tergantung pada bagaimana pengiriman berjalan dan tingkat kerusakan jaringan.

"Jika persalinan 'tidak rumit' dengan robekan vagina minimal, tanpa episiotomi, dan persalinan tahap 2 (fase mendorong) sekitar dua jam, maka enam hingga delapan minggu mungkin merupakan waktu yang tepat," kata Fife.

Penantian mungkin lebih lama sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic, jika Anda mengalami robekan pada vagina yang perlu diperbaiki melalui pembedahan.

Menurut pengalaman Dr. Ross, kebanyakan wanita tidak siap untuk langsung memasuki tanda enam minggu yang khas, terutama setelah persalinan pervaginam. Faktanya, Anda selalu mendahulukan perasaan Anda sendiri tentang jenis kontak seksual apa pun daripada izin obgyn, kata Fife.

"Ibu baru pada akhirnya harus menjadi orang yang memutuskan kapan ia siap untuk berhubungan seks," kata Fife. Selain penyembuhan jaringan vagina dan perineum, pertimbangan penting tentang kapan melakukan hubungan seks setelah melahirkan adalah tingkat dukungan yang diterima orang yang melahirkan sebagai ibu baru, tingkat kelelahan, dan tingkat keinginan mereka untuk berhubungan seks.

"Banyak wanita yang menyusui mengalami nyeri, puting berdarah, mastitis, atau jaringan payudara tidak nyaman. Tidak satu pun dari ini meningkatkan keinginan untuk seks," tambah Fife.

Jika empat minggu atau lebih sepertinya waktu yang lama untuk tidak memiliki keintiman, ingatlah bahwa berpelukan, berciuman, membelai, dan seks oral tidak memiliki masa tunggu setelah melahirkan, asalkan Anda merasa siap dan nyaman dengannya.

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana mempersiapkan seks baik secara fisik maupun mental?

Untuk mengurangi ketidaknyamanan saat berhubungan seks, Mayo Clinic menyarankan:

- Ambil langkah-langkah penghilang rasa sakit sebelumnya. Ini bisa termasuk mengosongkan kandung kemih, mandi air hangat, atau minum obat pereda nyeri yang dijual bebas. Jika perlu, Anda juga dapat mengambil langkah-langkah penghilang rasa sakit sesudahnya—jika Anda mengalami rasa terbakar setelah berhubungan seks, oleskan es yang dibungkus handuk kecil ke area tersebut.- Gunakan pelumas. Ini dapat membantu mengatasi kekeringan pada vagina.

- Dicoba-coba dulu. Pertimbangkan pilihan selain hubungan seks vaginal, seperti pijat, seks oral, atau masturbasi bersama. Jujurlah dengan pasangan Anda tentang apa yang terasa baik—dan apa yang tidak.

- Luangkan waktu. Sisihkan waktu untuk berhubungan seks saat Anda tidak terlalu lelah atau cemas.

Berapa lama Anda mengalami rasa sakit saat berhubungan seks pascapersalinan dapat bervariasi, bahkan berlangsung berbulan-bulan bagi sebagian orang yang menjalani episiotomi. Tetapi jika Anda khawatir dengan berapa lama rasa sakit atau ketidaknyamanan Anda berlangsung, Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang hal itu.

Perubahan otot dasar panggul juga salah satu alasan mengapa seks mungkin terasa kurang memuaskan setelah melahirkan. Untuk membentuk otot dasar panggul, Anda dapat melakukan senam Kegel. Itu adalah gerakan mengencangkan dan mengendurkan otot beberapa kali sehari selama beberapa minggu. Sebuah penelitian kecil di antara wanita di Iran menunjukkan bahwa ibu baru yang melakukan latihan Kegel dalam delapan minggu setelah melahirkan telah meningkatkan efikasi diri seksual, yang berarti mereka memiliki keyakinan yang lebih kuat pada kemampuan mereka untuk melakukan tindakan seksual.

Fife berharap mendidik orang tua yang melahirkan dan pasangannya tentang cara membangun keintiman non-seksual, non-penetratif satu sama lain saat mereka menyambut bayi baru suatu hari nanti akan menjadi bagian standar perawatan pascapersalinan. Cara berkomunikasi dengan pasangan juga hal penting, karena bagi kedua pihak harus memahami perlunya berhenti sejenak dan/atau berhenti jika Anda mulai mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit.

Terakhir, jangan lupakan kontrasepsi. Karena, ya, mungkin saja hamil segera setelah melahirkan, bahkan jika Anda sedang menyusui. Memang menyusui secara eksklusif dan belum kembali menstruasi, membuat menyusui memberikan 98% perlindungan dari kehamilan. Tetapi penelitian tentang efektivitas menyusui sebagai kontrasepsi masih beragam. Dan karena, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists , banyak ahli merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 18 bulan antara kehamilan sebelum memiliki bayi lagi, menggunakan metode kontrasepsi yang andal adalah kuncinya.

"Ada banyak pilihan pengendalian kelahiran yang harus dieksplorasi oleh penyedia layanan kesehatan Anda sebelum melanjutkan hubungan seks dengan pasangan," pungkas Ross.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.