Sukses

Gejala Omicron pada Lansia dan Non-Lansia, Adakah Perbedaan?

Berikut gejala Omicron COVID-19 yang sering dikeluhkan pasien lansia dan non-lansia

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, tidak ada data perbedaan gejala Omicron pada orang lanjut usia (lansia) di atas 59 tahun dan di bawah itu.

"Pada umumnya yang paling sering ditemukan sakit tenggorokan, hidung meler, sakit-sakit badan (nyeri), sedikit demam serta batuk," kata Nadia.

Saat Omicron mendominasi penularan, memang jarang ditemukan keluhan kehilangan indera penciuman dan perasa. Ini jauh berbeda dibandingkan saat gelombang kedua kemarin kala varian Delta mendominasi penularan, banyak yang mengeluhkan tidak bisa mencium dan merasakan makanan.

Selain itu, jarang ditemukan gejala sesak napas pada pasien terpapar Omicron COVID-19. Menurut dokter spesialis paru Erlina Burhan hal ini karena varian Omicron cenderung berkembang biak di saluran napas atas.

"Jarang sekali berkembang biak sampai saluran napas bawah dan jaringan pernapasan bawah. Tapi bukan berarti gejala ini tidak ada, tetap ada, tapi ya jarang pada pasien Omicron," kata Erlina dalam diskusi bersama Radio Kesehatan pada Selasa, 22 Februari 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Penyembuhan Pasien Terpapar Omicron

Nadia mengatakan proses penyembuhan pada pasien terpapar varian Omicron berbeda-beda. Sangat tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing individu.

"Setiap orang berbeda-beda, pada orang tanpa gejala bisa lima hari namun bisa juga lebih. Lalu, yang bergejala ringan bisa 10-14 hari," kata Nadia.

Berbeda lagi dengan pasien Omicron tapi bergejala sedang hingga berat. Hal ini sangat tergantung kondisi pasien selama mendapatkan perawatan di rumah sakit.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.