Sukses

Beredar Kabar Menkes Budi Gunadi Positif COVID-19, Kemenkes: Tidak Benar

Kemenkes mengatakan saat ini Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam kondisi baik.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kenaikan kasus COVID-19, beredar kabar Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin terpapar virus SARS-CoV-2. Apakah benar?

Menanggapi kabar tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa kabar itu tidak benar.

Menurut Nadia, Budi Gunadi Sadikin saat ini dalam keadaan baik.

"Ndak benar," kata Nadia lewat pesan teks.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan bahwa sampai saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Selasa, 22 Februari 2022 sore kondisi menteri kesehatan pertama non dokter itu baik-baik saja.

"Bapak baik-baik saja di rumah," lanjut Nadia.

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin tampil di hadapan publik pada dalam keterangan pers menteri terkait hasil rapat terbatas PPKM pada Senin, 21 Februari 2022 siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernah Isolasi Mandiri di 2020

Pada 17 November 2020 lalu, Budi Gunadi pernah menjalani isolasi mandiri.

Hal itu diketahui ketika Budi Gunadi yang saat itu menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tidak hadir langsung dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPRI RI. 

Budi memberitahukan pada anggota dewan secara virtual bahwa dia tengah menjalani isolasi mandiri.  

Budi menyampaikan bahwa dirinya terhubung secara virtual dari kantor isolasi yang berada di luar kompleks Kementerian BUMN.

"Saya harus isolasi," kata Budi yang juga Wakil Menteri BUMN dikutip dari siaran langsung di Youtube DPR RI.

Isolasi harus dia lakukan mengingat ada beberapa pegawai Menteri BUMN Erick Thohir serta pegawainya yang positif COVID-19. Hal tersebut baru diketahui kemarin sorenya. Dokter pun menyarankan agar Budi Gunadi melakukan isolasi.

"Ada tiga pegawai Pak Menteri yang positif. Baru tahunya kemarin sore," katanya.

Meski saat itu Budi Gunadi melakukan isoman, tidak diketahui apakah dirinya positif COVID-19 atau hanya sebagai langkah pencegahan karena diduga kontak erat. 

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.