Sukses

Segudang Manfaat Susu bagi Lansia, Jaga Kesehatan Jantung hingga Perkuat Daya Tahan Tubuh

Minum susu membawa berbagai manfaat bagi tubuh untuk segala usia, terutama orang tua dan lansia yang seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh dan organ lain menurun.

Liputan6.com, Jakarta Sejatinya kehidupan manusia di dunia ini tidak luput dari konsumsi susu. Mulai dari sejak dalam kandungan, bayi yang membutuhkan asi, anak-anak dan remaja dengan susu pertumbuhan, serta orang dewasa dan lansia untuk menjaga kesehatan tubuh, tulang dan jantung.

Minum susu membawa berbagai manfaat bagi tubuh untuk segala usia, terutama orang tua dan lansia yang seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh dan organ lain menurun.

Salah satu manfaat yang sudah sering diketahui banyak orang adalah mempertahankan kepadatan tulang. Hal tersebut karena susu diperkaya dengan vitamin D, yang berperan dalam pembentukan tulang. Bersama kalsium, vitamin D bekerja sama mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Selain itu, berikut segudang manfaat minum susu bagi lansia:

1. Menjaga kesehatan jantung

Memasuki lansia kinerja jantung tidak sama saat masa muda. Susu memiliki kandungan kalium yang baik bagi kesehatan jantung para lansia. Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Meski begitu, para lansia atau anggota keluarga perlu berkonsultasi dengan dokter, mengingat kalium bisa memberikan dampak negatif bagi pasien dengan gangguan ginjal.

2. Menurunkan risiko alzheimer

Sebuah studi yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebut bahwa susu mengandung antioksidan dan kadar  glutathione tinggi yang bisa melindungi otak dari kerusakan. Dengan kata lain, susu memiliki manfaat untuk menurunkan mengurangi stres, risiko alzheimer pada lansia, khususnya jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Selain air putih, susu juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Bagi para lansia disarankan untuk minum satu gelas susu di pagi atau malam hari sebelum tidur.

4. Menurunkan risiko depresi

Susu dengan kandungan vitamin D bisa membantu meningkatkan serotonin, yakni hormon yang berkaitan dengan suasana hati. Bukan hanya itu, asupan vitamin D yang cukup juga bisa bantu mencegah terjadinya badan lemas dan kelelahan. Sehingga dapat terhindar dari risiko depresi.

5. Menjaga massa otot

Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak protein. Protein utama dalam susu adalah casein dan whey. Keduanya membantu dalam membangun massa otot tanpa lemak sekaligus mengurangi lemak tubuh. Oleh sebab itu, ini adalah salah satu minuman yang baik untuk orang tua. Lansia yang rutin mengonsumsi susu dapat menjaga kadar protein dalam tubuhnya.

6. Perkuat daya tahan tubuh

Lansia merupakan kelompok yang rentan terkena virus dan bakteri, ini karena daya tahan tubuh mereka melemah, tidak sekuat masa muda. Untuk memperkuat daya tahan tubuh, lansia dianjurkan untuk minum susu. Sebab susu memiliki sejumlah kandungan yang berkaitan dengan imunitas. Diantaranya kaya protein, vitamin A, vitamin B12, hingga vitamin D serta zinc yang dapat mendukung sistem daya tahan tubuh dalam melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Pilihan Susu untuk Lansia

Meski susu adalah sumber nutrisi yang baik untuk lansia, susu sebaiknya juga anda berikan sesuai dengan rekomendasi. Pasalnya, pada produk susu juga terdapat kandungan gula dan lemak, yang masing-masing memiliki jumlah konsumsi yang direkomendasikan sehingga tidak berlebihan.

Ensure bisa menjadi susu nutrisi dewasa pilihan bagi lansia untuk membantu meningkatkan kualitas hidup serta bantu memperkuat daya tahan tubuh. Ensure merupakan brand nutrisi Dewasa No.1 di dunia. Formula dalam susu Ensure dikembangkan oleh para ilmuwan terkemuka dan telah melalui berbagai studi klinis. Produk Ensure memiliki nutrisi lengkap dan seimbang dan telah direkomendasikan di Indonesia.

Ensure merupakan susu dengan 8 keunggulan utama. Mulai dari tinggi kalsium & sumber vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Dilengkapi dengan 14 vitamin & 9 mineral. Lalu,  kandungan triple protein yaitu kombinasi Unik Protein Whey, Casein dan Soya.

Ensure juga mengandung serat pangan FOS, omega 3 & omega 6, dan rendah laktosa. Susu rendah laktosa menjadi solusi bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Bukan hanya nutrisi lengkap seimbang, Ensure memiliki rasa yang enak sehingga bisa jadi minuman favorit setiap hari.

Susu untuk Dukung Masa Pemulihan

Selain Ensure yang dapat dikonsumsi rutin secara aman dan telah berkonsultasi dengan dokter, tersedia pula susu yang mendukung masa pemulihan tubuh. Goldsure by Ensure merupakan formula khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mendukung masa pemulihan. Terlebih dahulu konsultasikan dengan Dokter untuk produk susu yang dapat dibeli. Mengingat kondisi setiap lansia berbeda-beda.

Goldsure by Ensure sendiri mengandung HMB, Triple protein, 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6 yang merupakan lemak tak jenuh yang dapat menjaga kesehatan sendi lansia, untuk menunjang latihan kekuatan otot yang Anda lakukan. Selain itu, Goldsure by Ensure juga rendah laktosa dan mengandung nutrisi penting lainnya, dengan rasa yang lezat dan tentunya nyaman di perut saat dikonsumsi.

Jaga kesehatan tubuh di usia lansia dengan rutin minum susu dan pilih produknya sesuai petunjuk dokter.

 

Referensi:

  • https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/296564#health_benefits
  • https://www.torontohomecareassistance.ca/benefits-of-drinking-milk-for-seniors/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637673/coba-cek-ternyata-ini-manfaat-minum-susu-untuk-lansia
  • https://ensure.co.id/artikel/nutrisi/fungsi-susu-ensure-dan-juga-goldsure-by-ensure-bagi-lansia
  • https://ensure.co.id/artikel/nutrisi/ensure-susu-untuk-lansia-paling-tepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini