Sukses

Tahu Engga Kenapa COVID-19 Lebih Berbahaya bagi Pasien Obesitas dan Diabetes?

Obesitas dan diabetes merupakan komorbid yang berbahaya bagi pasien COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal pandemi COVID-19, obesitas dan diabetes merupakan dua kondisi yang masuk dalam daftar komorbid. Anda pun mungkin pernah bertanya-tanya apa hubungan antar keduanya.

Ahli imunologi, Dr Heather Moday, mengungkapkan, virus SARS-CoV-2 atau yang dikenal dengan virus Corona penyebab COVID-19 memang dapat memperburuk kondisi gula darah.

Hal tersebut juga tertuang dalam studi yang dipublikasikan oleh American Diabetes Association bahwa virus satu ini mengikat dirinya pada reseptor di sel beta pankreas, yang memproduksi insulin.

Itulah mengapa virus satu ini berpotensi membuat pasien diabetes memiliki kondisi gula darah dalam tingkatan yang berbahaya.

"Saya sering memberitahu pasien bahwa saat memiliki diabetes, Anda berarti berada dalam kondisi peradangan kronis tingkat rendah," ujar Heather dikutip CNBC Make It, Senin, 21 Februari 2022.

"Hal tersebut kemudian membebani sistem kekebalan tubuh yang ada, sehingga lebih lambat untuk menyerang patogen itu ketika sudah memasuki tubuh," dia menambahkan.

Heather, menambahkan, jika berbicara soal sistem kekebalan tubuh, asupan sehari-hari pun menjadi hal yang penting.

"Tidak ada bahan makanan yang lebih merugikan bagi kesehatan dan kekebalan tubuh Anda, selain gula. Terutama di masa pandemi seperti ini," kata Heather.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan sistem kekebalan

Memiliki gula darah yang tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun menurut Heather, itu banyak disebabkan oleh asupan Anda sehari-hari.

"Faktor terbesarnya adalah mengonsumsi terlalu banyak gula dalam makanan Anda. Itu membuat resistensi insulin dan obesitas yang kemudian mendorong sitokin inflamasi, merusak pembuluh darah," ujarnya.

Sehingga, Heather menjelaskan, menghentikan asupan makanan yang mengandung gula berlebihan tidak hanya dapat membantu Anda untuk mengontrol gula darah.

"Tetapi juga menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda," ujar Heather.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Komorbid adalah penyakit penyerta, sebuah istilah dalam dunia kedokteran.

    komorbid

  • komorbid covid