Sukses

Sakit Hati Usai Putus Cinta, 8 Cara Ini Bantu Anda Bisa Tetap Bekerja

Berikut beberapa cara membuat hari kerja sedikit lebih mudah di tengah rasa sakit karena putus cinta

Liputan6.com, Jakarta - m Putus cinta itu sangat menyakitkan. Saat itu terjadi, dunia terasa berakhir. Anda bisa merasakan kekosongan dan sedih yang intens, marah, atau bingung. Tapi hidup harus terus berjalan, Anda pun harus tetap bekerja meski masih patah hati.

"Itu adalah kehilangan, dan berlaku aturan untuk berduka, artinya jangan meremehkan kesedihan Anda. Jangan menyalahkan diri sendiri karena  perasaan tersebut,” kata Tanisha Ranger, psikolog klinis yang berbasis di Nevada. 

Meski Anda bersedih, Ranger mengatakan jangan sampai kesedihan itu mengganggu kehidupan Anda. Yang paling penting adalah tidak mengisolasi diri dari orang-orang yang peduli dengan Anda. 

"Bahkan jika tidak ada orang yang Anda inginkan atau dapat Anda percayai di tempat kerja, Anda memiliki telepon, dan Anda dekat dengan orang-orang di luar pekerjaan," ujar Ranger dilansir Huffington Post.

Berikut beberapa cara membuat hari kerja sedikit lebih mudah di tengah rasa sakit hati karena putus cinta:

1. Rencanakan hal-hal yang diharapkan sepanjang hari kerja

Memperlakukan diri dengan momen-momen kecil yang menyenangkan dapat memberikan perbedaan besar setelah putus cinta. 

Psikoterapis Shannon Garcia menyarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk secara sadar melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri saat Anda sedang bekerja.

"Kenakan sweater nyaman Anda atau pakaian yang meningkatkan kepercayaan diri Anda, ”katanya. 

Itu juga bisa berarti terlibat kembali dengan hobi dan persahabatan. Tujuannya adalah untuk memastikan Anda menjalani kehidupan di luar pekerjaan yang bukan hanya merenungkan hubungan itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih pekerjaan yang ringan

2. Pilih pekerjaan yang ringan

Gunakan waktu istirahat untuk beristirahat dan memproses perasaan Anda. Tetapi ketika Anda harus kembali bekerja, santai saja.

Gracia bilang mungkin sulit untuk berkonsentrasi di tempat kerja, terutama dalam beberapa hari pertama setelah putus cinta. Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk memilih tugas yang dapat Anda selesaikan yang tidak terlalu sulit untuk diselesaikan.

“Mudahkan hari kerja Anda dengan memilih tugas yang membutuhkan lebih sedikit bandwidth mental. Sesuatu yang relatif tidak ada artinya tetapi produktif. Kembali ke tugas yang lebih sederhana ini ketika berkonsentrasi pada tugas yang lebih besar menjadi sulit sepanjang hari,” kata Gracia.

3. Prioritaskan tidur

Perasaan Anda dibentuk oleh seberapa baik Anda beristirahat. Perpisahan dapat menguras fisik dan mental. Salah satu cara untuk menunjukkan belas kasih kepada diri sendiri selama masa sulit ini adalah dengan tidur nyenyak.

"Pastikan Anda cukup tidur agar bangun dengan istirahat yang cukup," kata Katheryn Perez, terapis pernikahan dan keluarga di Burbank, California. 

Apabila Anda sulit tidur, Anda dapat minum teh yang menenangkan di malam hari, mandi air hangat atau mendengarkan musik meditasi untuk mengurangi pikiran cemas atau perasaan sedih.

"Dan jika Anda masih merasa lelah saat bangun tidur, mandilah sebelum bekerja. Ini dapat memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan," kata Perez.

3 dari 4 halaman

Beristirahatlah di luar meja atau tempat kerja Anda

4. Beristirahatlah di luar meja atau tempat kerja Anda

Jangan jadikan pekerjaan sebagai perlarian penuh dari patah hati. Beri diri Anda waktu untuk istirahat.

Perez merekomendasikan berjalan kaki singkat selama hari kerja.

“Jika Anda dapat meninggalkan gedung, silakan tinggalkan gedung itu,” kata Ranger. “Bahkan pergilah ke mobilmu dan nyalakan musik. Lakukan sesuatu yang terasa menyehatkan.”

5. Cari teman terpercaya

Tidak apa-apa Anda memilih siapa yang bisa untuk berbagi cerita. Karena Anda tentu tidak ingin memberi tahu seseorang dan membuat orang itu menyalahkan perasaan Anda. Itu akan lebih menyakitkan.

Tetapi berbagi apa yang Anda alami dengan rekan kerja dapat menghasilkan dukungan yang sangat dibutuhkan. 

Teman kerja dapat memeriksa ulang tugas Anda saat Anda terganggu, atau mereka juga dapat berbagi sedikit kepedulian mereka kepada Anda. I

“Biasanya, ada orang yang mencintai dan peduli padamu dan akan membantumu di mana pun mereka bisa.”kata Ranger.

4 dari 4 halaman

Buat daftar apa yang penting dan apa yang tidak

6. Jika Anda merasa nyaman, beri tahu atasan 

Memberi tahu atau tidak memberi tahu bos Anda tentang putus cinta? Ini bisa menjadi pertanyaan yang rumit, terutama mengingat dinamika kekuasaan dan keinginan untuk dilihat sebagai karyawan yang kompeten.

Jika Anda ingin membatasi seberapa banyak yang diketahui atasan Anda tentang bisnis pribadi Anda, Anda juga dapat membuat situasi Anda tidak jelas. 

Misalnya, Anda dapat memberi tahu atasan Anda, "Saya mengalami beberapa masalah dalam kehidupan pribadi saya yang membuat saya sangat stres," kata Ranger.

7. Buat daftar apa yang penting dan apa yang tidak

"Setelah putus cinta, orang dapat mengalami "gejala vegetatif depresi," yang dapat mencakup banyak tidur dan memiliki energi rendah atau motivasi rendah," kata Ranger.

Jika Anda menemukan diri Anda dalam keadaan ini, dan bahkan memilih tugas kerja dengan bandwidth rendah terasa terlalu berat untuk ditanggung, mulailah dengan pencapaian yang lebih mendasar.

Ranger merekomendasikan untuk membuat daftar hal-hal penting yang perlu Anda lakukan untuk menjalani hari kerja, mulai dari menyikat gigi dan minum air hingga sarapan.

“Buatlah bagan dan perhatikan bahwa Anda melakukan hal-hal itu setiap hari dan Anda tidak membiarkan diri Anda lepas kendali dan tidak melakukan perawatan diri pada tingkat yang paling dasar,” katanya.

8. Terapi juga merupakan pilihan

Dan jika Anda tidak dapat memikirkan hal lain selain perpisahan berbulan-bulan setelah itu terjadi, Anda mungkin terjebak dalam proses berduka dan membutuhkan bantuan profesional.

"Jika Anda merasa tiga bulan kemudian sama seperti yang Anda rasakan pada hari berikutnya, ada kemungkinan Anda membutuhkan bantuan terapis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.