Sukses

Epidemiolog Sebut Vaksinasi dan Disiplin 5M Masih Efektif Hadang Omicron

Di tengah peningkatan kasus COVID-19 yang didominasi varian Omicron, masyarakat diimbau untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan serta melengkapi vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah peningkatan kasus COVID-19, masyarakat diimbau untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan serta melengkapi vaksinasi. Dua hal ini masih efektif dalam menghadang COVID-19 yang didominasi varian Omicron seperti disampaikan epidemiolog Dicky Budiman.

"Meningkatkan imunitas sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, termasuk omicron. Kita masih bisa mengandalkan dari vaksinasi, tapi harus disertai dengan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan)," kata Dicky.

Saat ini dunia telah melacak empat subvarian omicron, yakni BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3. Dari empat versi itu, kata Dicky, subvarian BA.2 yang lebih menular daripada BA.1.

Ia juga mengatakan pengetatan pintu masuk negara hingga pengetatan antarwilayah di dalam negeri juga penting dilakukan untuk mempersempit ruang gerak virus agar tidak menyebar.

"Untuk mencegah setiap apapun itu varian COVID-19, prinsipnya sama, yakni menerapkan pengetatan pintu masuk negara hingga antarwilayah. Kita harus bisa mempersempit ruang virus agar tidak menyebar," kata Dicky yang juga peneliti Global Health Security di Center for Environment and Population Health, Griffith University, Australia itu mengutip Antara..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Terbukti Kurangi Risiko Kesakitan COVID-19

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementeria Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi terbukti mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat terinfeksi COVID-19. 

Pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap adalah korban terbesar dari COVID-19. Maka dari itu, Nadia mengatakan pemerintah terus berjuang keras untuk mencegah lebih banyak lagi korban yang terjadi, salah satunya dengan mendorong vaksinasi.

Hingga Minggu 20 Februari 2022 pukul 18.00 WIB, 189.658.351 penduduk (91,07 persen) telah mendapat vaksin COVID-19 dosis 1, dan 140.311.077 penduduk (67,37 persen) telah mendapat vaksinasi dosis 2. Sementara itu, yang sudah mendapatkan dosis ketiga (booster) sampai saat ini sudah 8.459.050 penduduk (4,06 persen).

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini