Sukses

Omicron Merajalela, Ketua Satgas: Apapun Kegiatannya Tetap Pakai Masker

Imbauan tetap memakai masker di tengah ancaman varian Omicron.

Liputan6.com, Bandung - Di tengah ancaman Omicron, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto mengingatkan masyarakat tetap memakai masker. Setiap kegiatan, terlebih di ruang publik, masker harus selalu dipakai untuk mencegah penularan virus.

Untuk mengurangi penyebaran COVID-19, masyarakat diimbau melakukan vaksinasi dan patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes). Walau sudah divaksinasi, protokol kesehatan selalu wajib dipatuhi.

"Vaksin salah satu benteng utama dalam pencegahan COVID-19. Namun, bukan berarti sudah vaksin tidak akan terkena COVID-19, kita tetap harus menegakan prokes," ucap Suharyanto saat memimpin apel sebelum melakukan giat pembagian masker di Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 19 Februari 2022.

"Prokes yang utama adalah memakai masker, apapun kegiatannya harus tetap pakai masker."

Dalam rangka meningkatkan prokes dan edukasi kepada masyarakat, Suharyanto terjun langsung membagikan masker di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat hari ini. Pembagian masker di Kota Bandung dan Bandung Raya dan Jawa Barat dikarenakan terjadi peningkatkan kasus konfirmasi yang cukup signifikan.

"Dalam beberapa hari terakhir, Jawa Barat menduduki peringkat tertinggi dalam penambahan kasus konfirmasi positif, sehingga kita harus segera kembali bekerja keras hingga Jawa Barat kembali kondusif," kata Suharyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

200 Ribu Masker untuk Kota Bandung dan Bandung Raya

Lebih lanjut, Suharyanto yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan, pembagian masker di wilayah Kota Bandung dan Bandung Raya hari ini, 19 Februari 2022 berjumlah 200.000 lembar.

"Hari ini. 200.000 masker dibagikan pada 20 titik di Kota Bandung, namun tidak menutup kemungkinan bisa ditambah sesuai kebutuhan jika nanti diperlukan," tambahnya melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

BNPB bersama BPBD, TNI/POLRI, Forkompinda dan relawan membagikan masker di 20 titik di Kota Bandung yaitu, Pasar Kordon Buah Batu, Pasar Anyar, Stasiun Kereta Kebon Kawung, Pasar Palasari, Pasar Kosambi, Pasar Leuwi Panjang, Terminal Cicaheum, Pasar Cijerah, dan Pasar Ujung Berung.

Kemudian di Metro Indah Mall, Pasar Caringin, IP Pasir Kaliki, Pasar Kiara Condong, Pasar Sederhana, Pasar Sadang Serang, Pasar Suci, Pasar Ciwastra, Pasar Gede Bage, Pasar Andir, dan Pasar Simpang Bego.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.