Sukses

2 Pelajar di Bangladesh Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas, Teman-Temannya Demo dengan Cara Tak Biasa

Pelajar di Bangladesh turun ke jalan sebagai aksi protes lantaran temannya meninggal karena kecelakaan lalu lintas

Liputan6.com, Jakarta - Dua pelajar di Bangladesh meninggal dunia akibat lalu lintas yang kacau. Hal ini memicu protes massal dari pelajar lainnya yang berlangsung lebih dari satu pekan.

Para pengunjuk rasa menuntut pemerintah mengambil tindakan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Aksi dipicu kejadian pada 29 Juli 2018 saat dua anak sekolah di Dhaka --- laki-laki dan perempuan --- meregang nyawa akibat ditabrak bus yang melaju kencang. Pengemudi diduga kehilangan kendali atas kendaraannya saat berpacu dengan bus lain untuk menjemput penumpang.

Kecelakaan itu telah berlalu sebagai kejadian sehari-hari di kota dengan lalu lintas yang terkenal berbahaya. Sebelumnya, negara tersebut melaporkan lebih dari 4.000 pejalan kaki tewas dalam kecelakaan lalu lintas satu tahun sebelumnya.

Terlalu sering memakan korban, kejadian tersebut akhirnya memicu kemarahan yang meluas di media sosial dan kemudian menyebabkan gelombang protes mahasiswa dan pelajar.

Puluhan ribu anak sekolah turun ke jalan-jalan di Dhaka, memblokir jalan dan persimpangan, yang menyebabkan jalan lumpuh di kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menertibkan Jalan

Para pengunjuk rasa menjalankan aksinya dengan menghentikan truk, bus, dan mobil, menuntut untuk melihat SIM dan memeriksa apakah kendaraan dalam kondisi layak jalan.

"Yang kami inginkan hanyalah korupsi hilang dan Surat Izin Mengemudi (SIM) berhenti dibagikan seperti permen," kata seorang remaja usia 17 mengutip BBC.

Upaya penertiban jalan oleh pengunjuk rasa juga sempat memicu aksi kekerasan. Protes --- yang jarang terjadi di Bangladesh --- berlanjut selama berhari-hari dengan ribuan siswa dan mahasiswa pada dasarnya membuat ibu kota macet. Layanan bus di kota dan rute ke tempat lain di negara itu dibatalkan.

Polisi dilaporkan menggunakan gas air mata dan peluru karet, melukai sejumlah remaja meskipun pihak berwenang pada awalnya membantahnya.

Ada juga bentrokan antara pengunjuk rasa dan kelompok pro-pemerintah --- yang dilaporkan anggota Liga Chhatra Bangladesh (BCL) --- sebuah organisasi mahasiswa yang terkait dengan partai Liga Awami yang berkuasa.

Kekerasan berlanjut ketika polisi bentrok dengan mahasiswa di kampus dan di daerah perumahan. Seorang dokter di rumah sakit setempat mengatakan bahwa setidaknya 40 orang, sebagian besar pelajar, sedang dirawat.

BCL juga disalahkan atas serangan terhadap jurnalis --- termasuk penghancuran ponsel dan kamera --- yang dalam sebuah editorial disebut sebagai 'pelanggaran tercela' terhadap kebebasan pers.

Sejumlah wartawan telah melaporkan dipukuli saat meliput protes, termasuk seorang jurnalis foto untuk Associated Press.

Seorang reporter wanita mengatakan dia diancam dan diserang secara fisik oleh gerombolan pria yang diduga anggota BCL, bahkan setelah setuju untuk menghapus rekaman yang dia rekam tentang mereka.

"Mereka terus mengatakan bahwa jika mereka menemukan saya tidak menghapusnya, 'sudah selesai ... tidak ada yang bisa menyelamatkan Anda'," kata wanita itu kepada BBC, yang tidak ingin disebutkan namanya.

"Sekarang ada ketakutan bahwa mereka yang berbicara kepada media internasional menjadi sasaran."

3 dari 4 halaman

Respons Pemerintah

Dengan gerakan protes yang hampir seluruhnya didorong oleh kaum muda, tidak mengherankan bahwa media sosial telah memainkan peran kunci, baik dalam menyebarkan berita awal tentang dua orang yang terbunuh maupun dalam mengorganisasi demonstrasi.

Pemerintah telah berjanji untuk mempertimbangkan reformasi keselamatan jalan untuk mengatasi kekhawatiran para siswa dan kabinet menyetujui Undang-Undang Transportasi Jalan baru yang telah direncanakan untuk beberapa waktu.

Itu juga dilaporkan mempertimbangkan hukuman mati untuk kematian di jalan yang disengaja dalam upaya untuk menenangkan pengunjuk rasa.

4 dari 4 halaman

Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.