Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Tanda Hubungan Seksual yang Sehat Usai Alami Kecanduan

Berikut merupakan karakteristik dalam hubungan seksual yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, memiliki adiksi atau kecanduan pada seks mungkin terdengar seperti hal yang tidak masuk akal. Seperti mempertanyakan apakah itu hal yang nyata atau tidak, misalnya.

Padahal kecanduan terhadap seks memang bisa terjadi dan nyata adanya. Kabar baiknya, masih ada lho beberapa hal yang dapat dilakukan. Bahkan, orang yang masuk dalam kategori kecanduan pun tetap bisa memiliki hubungan seks yang sehat.

Maureen Canning, MA, LMFT, seorang terapis pernikahan dan keluarga, yang juga pernah mengalami kecanduan terhadap seks membagikan berbagai karakteristik utama dari hubungan seks yang sehat.

Hal tersebut pun dituangkan olehnya dalam buku Lust, Anger, Love: Understanding Sexual Addiction and the Road to Healthy Intimacy.

Lalu, apa sajakah itu? Mengutip Verywell Mind, berikut beberapa diantaranya.

Adanya perasaan positif

Rasa aman, terkoneksi, dan afirmasi menjadi hal-hal yang muncul dalam hubungan seksual yang sehat.

Bagi orang yang mengalami kecanduan terhadap seks, berbagai perasaan negatif seperti malu, marah, dan sebagainya mungkin tak terhindarkan.

Menurut Maureen, mungkin Anda pun membutuhkan waktu untuk mengolah perasaan tersebut. Namun hasil dari kesabaran dan ketekunan untuk mengatasinya pun akan sepadan nantinya.

Melibatkan rasa emosional dan fisik

Dalam hubungan intim yang sehat, maka kedua belah pihak dapat menyadari diri mereka sendiri dan mampu terbuka menjadi apa adanya (vulnerable).

Poin satu ini dapat dialami secara positif tanpa perlu mati rasa atau berusaha keras mengejar orgasme. Dengan begitu, Anda pun telah berkontribusi membangun hubungan intim yang sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keseimbangan

Bagi pecandu seks, memiliki energi seksual yang ekstrem, mengalami ketegangan seksual yang berlebihan menjadi hal yang kerap dialami.

Sehingga, memiliki kehidupan seks yang seimbang dapat menjadi salah satu tanda bahwa Anda telah memiliki kehidupan seks yang sehat. Dalam hal ini, Anda pun dapat mengontrol energi seksual tersebut.

Kreativitas dan gairah kembali ditemukan

Hal lain yang juga menjadi tanda bahwa Anda sudah melangkah ke kehidupan seks yang lebih sehat adalah saat seks tak lagi menjadi satu-satunya hal atau jalan keluar atas ekspresi emosional Anda.

Seksualitas yang sehat juga tak lagi menjadi saluran eksklusif Anda untuk bahagia. Poin satu ini mengungkapkan bahwa Anda dapat mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan dari hal lain.

Seperti melukis, menulis, bermain musik, dan sebagainya.

Mengolah stres lebih baik

Mampu mengatasi kekecewaan, kelelahan, dan kesulitan tanpa menggunakan bantuan seks menjadi bagian penting dari pemulihan usai alami kecanduan terhadap seks.

Sehingga, saat Anda telah mencapai titik satu ini, Anda juga dapat memiliki hubungan seks yang sehat. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.