Sukses

Selain Valentine, di Korea Selatan Ada Hari Khusus untuk Jomblo

Korea Selatan tidak hanya merayakan Valentine tapi juga hari khusus untuk jomblo

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan memiliki variasi hari libur yang dirayakan setiap bulan dari Februari sampai dengan April. Dan, Hari Valentine menjadi hari libur paling populer bagi pasangan muda di sana.

Bagaimana tidak? Pemberian hadiah akan dimulai pada 14 Februari, yang bertepatan dengan Valentine. Di tanggal ini para perempuan akan memberikan cokelat, bunga, atau boneka kepada pasangan mereka.

Selanjutnya, pada 14 Maret atau bertepatan dengan hari libur yang dikenal sebagai White Day, giliran para pria yang memberi pasangannya cokelat, bunga, atau hadiah lainnya.

Sedangkan, bagi yang tidak memiliki pasangan atau di Indonesia sering disebut 'jomblo', ada hari libur ketiga yakni Hari Hitam. Hari tersebut jatuh pada 14 April.

"Sudah menjadi kebiasaan bagi para lajang untuk meratapi status kesendirian mereka dengan makan semangkuk mie berwarna hitam seperti jajangmyeon atau mie pasta kacang hitam," mengutip huffpost.com Senin (14/2/2022).

Valentine di China

Sedikit berbeda dengan Korea Selatan, China memiliki Hari Valentine sendiri yang disebut Qixi atau Festival Malam Ketujuh. Perayaan ini jatuh pada hari ketujuh bulan lunar ketujuh setiap tahun.

Menurut cerita masyarakat China, Zhinu, putri raja surgawi, dan Niulang, seorang gembala sapi yang miskin saling jatuh cinta, mereka pun menikah dan memiliki anak kembar. Ketika ayah Zhinu mengetahui pernikahan mereka, dia mengirim ratunya untuk membawa Zhinu kembali ke bintang.

Mendengar tangisan Niulang dan anak-anaknya, raja mengizinkan Zhinu dan Niulang bertemu setahun sekali di Qixi.

Selama perayaan Qixi, para wanita muda menyiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya kepada Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik. Pasangan juga pergi ke kuil untuk berdoa bagi kebahagiaan dan kemakmuran.

Pada malam hari, orang-orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang) yang saling mendekat dan dianggap sebagai reuni tahunan.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Inggris dan Virginia

Sedangkan di Inggris, menjelang Hari Valentine, para wanita biasa meletakkan lima lembar daun salam di bantal mereka -- satu di setiap sudut dan satu lagi di tengah -- untuk mewujudkan impian calon suami mereka.

Atau, mereka akan membasahi daun salam dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal mereka.

Di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat ada tokoh yang disebut Jack Valentine. Ia bertindak seperti Santa untuk Hari Valentine.

Jack Valentine akan mengetuk pintu dan meninggalkan permen serta hadiah kecil di beranda rumah untuk anak-anak.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.