Sukses

Dokter Tegaskan Vaksin HPV Tidak Bikin Mandul

Suntikan vaksin HPV tidak memengaruhi kesuburan. Jadi, hoaks jika ada yang menyebut vaksin HPV bikin mandul.

Liputan6.com, Jakarta - Pemberian vaksin HPV amat penting karena mampu mencegah kanker serviks yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV).

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak wanita yang enggan melakukan vaksinasi tersebut. Salah satunya soal hoaks vaksinasi HPV bikin mandul. Tentu saja itu sama sekali tidak benar, jelas Dr. dr. Brahmana Askandar, Sp.OG(K)-Onk, Konsultan Onkologi Ginekologi & Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI).

"Vaksin HPV ini tidak akan berpengaruh ke kesuburan. Tapi tetap akan ada efek ringan, seperti nyeri pada tempat injeksi, kemerahan, memar, dan bengkak," jelas Brahmana, pada Jumat (4/2/2022).

"Berbeda jika itu pengobatan kanker serviks, seperti radioterapi, pasti akan mengganggu kesuburan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Semua Pengobatan Kanker Serviks Menyebabkan Wanita Mandul

Namun, tidak semua pengobatan kanker serviks bisa menyebabkan wanita mandul.

“Perlu diingat bahwa terapi kanker serviks bisa berbeda pada setiap pasien. Jadi tergantung staging (stadium) dan kondisi pasien itu sendiri,” jelas dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, dikutip dari Klikdokter.

Misalnya saja, pengobatan kanker serviks dengan prosedur trakelektomi atau pengangkatan leher rahim. Operasi ini masih memungkinkan wanita untuk memiliki buah hati di masa depan.

Untuk itu, penting bagi wanita untuk selalu memeriksakan kesehatan, termasuk skrining rutin kanker serviks dan melakukan vaksinasi HPV.

Pengobatan sejak dini dapat mencegah penyebaran sel kanker dan organ rahim pun bisa diselamatkan. Serta deteksi dan pengobatan kanker serviks sejak awal juga bisa mengurangi risiko ketidaksuburan pada wanita.

Reporter: Lianna Leticia

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.