Sukses

Jumlah Kasus COVID-19 di DKI Jakarta, Banten, dan Bali Melebihi Puncak Delta Tahun Lalu

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 3 provinsi dengan kasus COVID-19 yang jumlah kasusnya melampaui puncak gelombang kedua saat varian Delta menyerang tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 3 provinsi dengan kasus COVID-19 yang jumlah kasusnya melampaui puncak gelombang kedua saat varian Delta menyerang tahun lalu.

“Sekarang sudah ada 3 provinsi yang jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta yang lalu,” kata Budi dalam konferensi pers Senin (7/2/2022).

Ketiga provinsi itu adalah DKI Jakarta, Banten, dan Bali dengan rincian sebagai berikut:

-DKI Jakarta dengan kasus mencapai 15.800, padahal puncak sebelumnya adalah 14.600.

-Banten melaporkan 4.800 kasus, padahal di gelombang Delta sebelumnya mencapai puncak tertinggi di 3.900.

-Bali sudah mencapai 2.000 kasus, padahal sebelumnya 1.900 kasus di gelombang Delta sebelumnya.

 “Dari ketiga provinsi yang jumlah kasus hariannya sudah melebihi puncak Delta tersebut, angka perawatan di rumah sakit masih di sekitar 30 sampai 50 persen.”

“Jadi tidak usah panik kalau melihat jumlah kasusnya tinggi, karena yang lebih penting yaitu jumlah yang masuk rumah sakit dan wafat itu jauh lebih rendah dan masih bisa terkendali.”

Budi menambahkan, publik penting mengetahui bahwa jumlah kasus memang akan terus bertambah. Bahkan di negara lain kasusnya bisa 2 kali lipat kasus Delta. Namun, hal terpenting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Agar yang masuk rumah sakit dan yang wafat (jumlahnya) di bawah rata-rata,” kata Budi. 

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.