Sukses

Kulit Pisang Bisa Kencangkan Kulit Wajah? Ini Penjelasan Dokter Kulit

Berikut penjelasan dokter kulit terkait pengaplikasian kulit pisang pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa sama seperti buahnya, kulit pisang juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central mencatat bahwa kulit pisang adalah sumber yang kaya akan sifat antioksidan, yang dapat memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Texas Dr. Adeline Kikam mengatakan manfaat utama yang bisa dia lihat dari pisang untuk kulit berasal dari tanin dalam buahnya, melansir Today.

"Tanin seperti astringen alami yang digunakan dalam perawatan kulit untuk membantu mengencangkan dan mengencangkan kulit," katanya.

Kulit pisang kaya akan senyawa tersebut, sehingga mereka dapat digunakan untuk mengatasi kantung mata atau meningkatkan kecerahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Risiko dan Efek Samping Kulit Pisang

Namun perlu Anda ketahui, efek apa pun yang Anda lihat dari kulit pisang ini kemungkinan hanya bersifat sementara, kata Kikam. Itulah mengapa lebih baik makan pisang daripada meletakkan kulitnya di kulit Anda.

Selain itu, tanin pada kulit pisang juga bisa mengeringkan kulit, tambah Kikam. 

Penggunaan kulit pisang ke kulit memang memiliki risiko yang cukup rendah. Namun ini sangat tidak dianjurkan jika Anda memiliki alergi pisang yang diketahui.

"Saya hanya bisa berasumsi bahwa jika seseorang memiliki alergi terhadap pisang dan mereka mengoleskannya di area itu, mereka berisiko mengalami reaksi alergi, yang kemudian dapat menyebabkan hiperpigmentasi, memperburuk lingkaran hitam di mata," kata Kikam.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.