Sukses

Terinspirasi Sang Idola, Penggemar Kim Seon Ho Donasikan Rp200 Juta untuk Warga Tak Mampu

Seonhohada, sebutan untuk penggemar Kim Seon Ho, berbondong-bondong melakukan hal baik seperti sang idola.

Liputan6.com, Seoul - Penggemar Kim Seon Ho di Korea Selatan pada Sabtu, 22 Januari 2022, melakukan aksi sosial dengan memberikan sumbangan senilai ratusan juta rupiah.

Uang sebesar 10 juta won atau setara Rp118,8 juta dan 100 hand sanitizer diberikan Seonhohada --- sebutan untuk fan Kim Seon Ho --- ke Pusat Kesejahteraan Anak Dongmyeong.

Lalu, membagikan beras senilai 5 juta won setara Rp59 juta beserta uang dengan nominal yang sama ke Pusat Kesejahteraan Administratif Sanggye.

Seonhohada menjelaskan bahwa mereka rutin menyumbang setiap tahun. Hal itu dilakukan karena terpengaruh hal baik yang kerap dilakukan Kim Seon Ho.

"Kami memberikan sumbangan dengan harapan bahwa anak-anak dan orang-orang yang rentan akan lebih hangat di musim dingin," kata Seonhohada dikutip dari situs Naver pada Senin, 31 Januari 2022.

Saat ini para penggemar tidak mengetahui keberadaan sang idola usai masalah yang menimpanya, tapi donasi dari penggemar pemeran Hong Du-sik di Hometown Cha-Cha-Cha telah mewarnai awal tahun dengan hangat.

Seorang perwakilan dari Pusat Kesejahteraan Administratif Sanggye berharap sumbangan yang mereka terima dari Seonhohada akan sangat menghibur mereka yang mengalami kesulitan.

"Barang-barang yang disumbangkan akan dikirimkan ke Community Chest of Korea untuk mendukung para keluarga yang terdampak krisis di antara penduduk Nowon-gu," katanya.

Sementara perwakilan dari Pusat Kesejahteraan Anak Dongmyeong, Korea Selatan, mengatakan, pandemi COVID-19 memaksa mereka melarang anak-anak bertemu dengan siapa pun dari luar pagar. Sehingga akitivtas di luar rumah dihentikan.

Saat ini, mereka butuh dukungan agar kegiatan bermain anak tetap berjalan seperti biasanya.

"Saya akan memanfaatkan sumbangan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggemar Kim Seon Ho di Indonesia Lakukan Hal yang Sama

Tindakan serupa dilakukan juga penggemar Kim Seon Ho di Indonesia. Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Seonshine Indonesia berbagi kasih di Panti Werdha Wisma Mulia, Grogol, Jakarta Barat.

Nouva Elvandari, salah seorang pengurus Seonshine Indonesia, menjelaskan, aksi ini adalah bagian dari Project Christmas and New Years.

Dalam proyek tersebut, Seonshine Indonesia mengirimkan bingkisan berisi makanan untuk kedua orangtua Kim Seon Ho.

"Hadiah itu sebagai bentuk terimakasih kepada orangtua Seon Ho dari Seonshine Indonesia. Dengan harapan, mama dan papa Kim sehat selalu menjalani tahun ini," kata Nouva kepada Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat.

"Kami juga mengirimkan gloves dan scarf untuk Kim Seon Ho lewat agensi dia, Salt Entertainment," dia menambahkan.

Namun, daripada hanya sekadar memberikan barang atau makanan saja, Seonshine Indonesia pun memutuskan untuk bikin donasi. Pilihan pun jatuh ke panti tersebut.

"Ya sudah, kami bikin janji, datang, terus kita kasih donasi serta makanan ringan dan buah-buahan," katanya.

Nouva, bercerita, kegiatan yang dilakukan Seonshine Indonesia berjalan lancar dan seru. Menurut Nouva, opa dan oma penghuni panti mengaku senang dapat kunjungan dari mereka.

"Sudahlah sehari-harinya sepi enggak ada yang visit, ditambah pandemi COVID-19, makin sepi," katanya.

Dilanjutkan Nouva, pihak pengurus panti mengaku kaget akan kedatangan penggemar Kim Seon Ho. Pengurusnya bilang baru sekali menerima sumbangan dari perwakilan perkumpulan penggemar aktor Korea.

"Yang lucu pas kami bilang 'Oma, kami dari fan aktor Korea', lalu aku kasih tunjuk foto Seon Ho 'Ganteng, kan?'. Terus Omanya bilang 'Ini siapa? Orangnya di mana? Coba suruh datang ke sini'," kata Nouva.

"Aduh, Oma, enggak usah Oma dulu, kita juga senang kalau dia datang ke sini," Nouva menambahkan.

3 dari 4 halaman

Fans Kim Seon Ho Menanam Pohon

Selain itu, dalam merayakan tahun ke-5 Kim Seon Ho debut di layar televisi, penggemar yang tergabung di dalam Seonhohada Indonesia United  membuat projek dengan nama 'Hijau Bersama Seon Ho'.

Lewat situs kitabisa, Seonhohada Indonesia United mengumpulkan donasi yang uangnya digunakan untuk menanam pohon.

Nouva, menjelaskan, Seonhohada Indonesia United merupakan gabungan dari beberapa perkumpulan penggemar Kim Seon Ho di Indonesia, yaitu Seonhonesia, Seonhohada Indonesia Project, The Gongjins Indonesia, Seonshine Indonesia, I'm Seonhohada, dan Seonhohada Indonesia Telegram

Dari donasi yang terkumpul, kata Nouva, sebanyak 1.630 pohon berhasil ditanam di Hutan Mangrove yang berlokasi di Mangunharjo, Semarang, Jawa Tengah.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.