Sukses

Makna Dibalik Perayaan Tahun Baru Imlek

Inilah alasan mengapa orang China melakukan apa yang mereka lakukan saat Tahun Baru Imlek

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek merupakan festival tradisional paling penting di Tiongkok. Festival ini menandakan awal musim semi, dan awal tahun baru menurut kalender lunar Tiongkok.

Pentingnya Tahun Baru Imlek berakar dalam dalam sejarah, dan hari ini tetap menjadi kesempatan paling penting bagi generasi keluarga untuk bersatu kembali dan menghabiskan waktu bersama.

Karena banyak keluarga Tionghoa mungkin terpisah karena pilihan karir, kesempatan pendidikan, dan urbanisasi umum, festival ini menjadi kesempatan utama bagi semua orang untuk berkumpul, dilansir dari China Highlight.

Perayaan Imlek juga diyakini penting untuk memastikan keberuntungan untuk tahun yang akan datang dan memiliki banyak tradisi dan kepercayaan agama yang memiliki nilai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlangsung selama 2 minggu lebih

Perayaan  Tahun Baru Imlek  secara tradisional berlangsung selama 16 hari, mulai dari Malam Tahun Baru Imlek hingga Festival Lampion. Pada tahun 2022, yaitu dari tanggal 31 Januari sampai dengan tanggal 15 Februari.

Persiapan untuk festival dapat dimulai sejak sebulan sebelum festival yang sebenarnya, dengan tugas-tugas seperti berbelanja, membersihkan rumah, memasak, dan melakukan perjalanan pulang.

Tak hanya itu, mengenakan pakaian baru dari ujung kepala hingga ujung kaki  jugalah pennting. Ini karena pakaian baru melambangkan awal yang baru dan harapan baru untuk Tahun Baru. 

Orang Tionghoa biasanya mengenakan pakaian berwarna merah atau berwarna cerah lainnya pada Hari Tahun Baru, untuk mengikuti suasana yang meriah dan ceria. Merah adalah warna keberuntungan China, dipercaya dapat mengusir roh-roh nasib buruk. 

Beberapa keluarga mengenakan pakaian tradisional Tiongkok seperti qipao atau Tangzhuang. 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.