Sukses

Ketahui Fakta dan Pantangan Saat Rayakan Tahun Baru Imlek

Kenali mitos fakta, hingga pantangan pada Tahun Baru China atau Imlek. Salah satunya dilarang pakai baju putih atau hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya hari raya lain, Tahun Baru China ternyata juga menyimpan segudang cerita dan beberapa makna dibalik beberapa perayaan dan tradisinya.

Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada 1 Februari 2022, merupakan Tahun Macan Air berdasarkan perhitungan astrologi China.

Apakah kamu tahu fakta dan mitos dibalik perayaan Imlek? Dan mengapa hari raya ini sangat identik dengan warna merah?

Berikut pantangan hingga fakta mengenai Tahun Baru Imlek, dilansir dari National World dan The Sun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berlangsung Selama 15 Hari

Dilansir dari National World, perayaan Imlek atau Tahun Baru China merupakan salah satu perayaan besar seperti Natal, Tahun Baru di komunitas lain. Sangking besar dan meriahnya, rangkaian festival Imlek dapat berlangsung hingga selama lebih dari 2 minggu.

Perayaan Tahun Baru Imlek memiliki 4 elemen utama, yaitu Little Year (Tahun Kecil), New Year’s Eve (Perayaan Tahun Baru), Spring Festival (Festival Musim Semi), dan Lantern Festival (Festival Lampion)

3 dari 6 halaman

2. Cap Go Meh

Festival Lampion kerap diasosiasikan pula dengan hari Valentine-nya orang China. Perayaan ini disebut juga dengan Chap Goh Mei yang merupakan istilah Hokkien untuk “malam ke-15 tahun baru.”

Momen ini adalah berakhirnya Tahun Baru China yang ditandai dengan pemasangan lampion di jalan-jalan dan orang-orang menyaksikan pertunjukan jalanan, filansir dari The Sun.

Chap Goh Mei jatuh pada hari ke-15 dari perayaan Imlek, sekaligus menandai purnama pertama dari tahun bersangkutan.

4 dari 6 halaman

3. Pantangan: Menyapu dan Membersihkan Rumah

Menyapu dan membersihkan rumah saat Imlek adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan. Kegiatan ini dipercaya akan menyapu semua rezeki atau berkah keluar dari rumah.

Itulah mengapa semua kegiatan bersih-bersih atau mencuci baju hanga boleh dilakukan sehari atau setelah Tahun Baru Imlek.

4. Pantangan: Potong dan mencuci rambut di hari H Imlek

Memotong atau mencukur rambut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan sebelum perayaan tahun baru. Tak hanya agar terlihat lebih mempesona, kegiatan memotong rambut ini juga bertujuan untuk membuang sial.

Saat perayaan Imlek biasanya orang-orang tidak akan mencuci rambut karena tidak ingin mencuci keberkahan yang diterima saat Tahun Baru Imlek. 

5 dari 6 halaman

5. Pantangan: Memakai Baju Hitam, Putih, Atau Biru

Tahun Baru Imlek selalu identik dengan warna merah dan emas. Menggunakan pakaian gelap seperti warna hitam, putih, atau hijau, sama saja seperti saat tengah berduka.

Namun, jika atasan merah bawahnya hitam, itu masih diperbolehkan. selama tidak hitam atau putih total.

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.