Kasus Harian Corona Capai 7 Ribuan, Satgas COVID-19 IDI: Hentikan Sementara PTM 100 Persen

Oleh Benedikta Desideria pada 27 Jan 2022, 10:57 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 10:57 WIB
.Jakarta Gelar Pembelajaran Tatap Muka 100 persen
Perbesar
Siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta, Senin (3/1/2022). PTM terbatas dilaksanakan setiap hari dengan jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengingatkan bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dalam kondisi saat ini tidak lagi aman. Hal ini berdasarkan data harian kasus COVID-19 kemarin, 26 Januari 2022 terdapat 7 ribuan kasus, tepatnya 7.010, apalagi dengan positivity rate lampaui 10 persen.

"Ini indikator bahwa sekolah tatap muka tidak lagi aman," kata Zubairi lewat cuitan di akun Twitter @ProfesorZubairi.

"Mohon dipertimbangkan untuk menghentikan sementara PTM 100% dan menaikkan PPKM ke level lebih tinggi," sarannya.

Menurut pria yang karib disapa Prof Beri ini, opsi sekolah lewat pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa dipilih untuk kondisi saat ini. Untuk daerah zona merah COVID-19 sebaiknya kembali ke sekolah virtual alias online.

"Sedangkan yang positivity rate-nya rendah, masih dimungkinkan untuk tetap PTM," kata dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


90 Sekolah di DKI Jakarta Hentikan PTM Sementara

Jumlah sekolah di Jakarta yang menghentikan PTM secara terbatas di kelas kembali bertambah. Dari data Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Rabu (26/1/2022), tercatat 90 sekolah hentikan PTM.

Sekolah-sekolah tersebut terpaksa menghentikan proses pembelajaran lantaran ditemukan kasus COVID-19. Sebagian besar temuan kasus didominasi di jenjang SMA.

Siswa menjadi unsur utama penyumbang tingginya angka kasus positif pada warga sekolah. Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mencatat, paling tidak terdapat 120 siswa pada sekolah Jakarta yang terkonfirmasi positif COVID-19 mengutip News Liputan6.com.

Kemudian, ada sembilan guru serta enam tenaga kependidikan yang positif Corona. Total ada 135 warga sekolah di Ibu Kota yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun sekolah yang menghentikan PTM sementara terdiri dari 11 TK, 25 SD, 17 SMP, 30 SMA, dan dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).


Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya.

Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya