Sukses

Jalin Silaturahmi, Acha Septriasa Bertemu Irwansyah dan Zaskia Sungkar

Aktris Acha Septriasa baru-baru ini mengunjungi kediaman Irwansyah dan penyanyi Zaskia Sungkar.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Acha Septriasa baru-baru ini mengunjungi kediaman Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Pertemuan tersebut menjadi momen spesial karena selama lebih dari lima tahun terakhir Acha Septriasa bermukim di Australia bersama suami dan buah hatinya.

Pertemuan Acha Septriasa dengan Irwansyah dan Zaskia Sungkar pun sempat menghebohkan publik mengingat Acha dan Irwan pernah menjalin kedekatan. Meski demikian, keduanya tampak jelas telah move on dari masa lalu dan tetap menjalin hubungan baik. 

Terlihat dalam unggahan video di kanal YouTube The Sungkars, ketiganya terlihat akrab dan ceria. Mereka pun mengobrol terkait kapan terakhir kali bertemu, pengalaman tinggal di Australia, dan hal-hal lainnya.

Dari tayangan tersebut, terlihat bahwa tidak selamanya mantan kekasih menjadi musuh. Ketiganya, dapat tetap berteman tanpa mengedepankan rasa cemburu dan akrab satu sama lain.

Terkait kejadian serupa, psikolog dan terapis pernikahan di Washington DC, Barry McCarthy pernah mengatakan bahwa persahabatan dengan mantan tidak selalu mudah dikelola.

Bahaya terbesar adalah, mantan dapat menarik seseorang kembali ke dalam hubungan, membangkitkan konflik yang belum terselesaikan.

"Kebanyakan mantan pasangan masih marah bahkan 10 tahun setelah putus cinta,” kata McCarthy mengutip psychologytoday.com.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjaga Batasan yang Baik

Menurut psikolog di University of Michigan Amerika Serikat Toni Antonucci, kunci membangun persahabatan dengan mantan adalah menjaga batasan yang baik.

“Sabar, sadarilah bahwa Anda mengubah dasar hubungan Anda, dan mungkin perlu beberapa waktu untuk merasa nyaman. Jangan merahasiakan persahabatan Anda.”

Menurut ahli-ahli lainnya, persahabatan dengan mantan itu mungkin terjadi, tapi ada kendalanya.

“Mempertahankan hubungan yang sehat pasca putus membutuhkan kedua belah pihak untuk mengenali apa yang berhasil dalam hubungan dan apa yang tidak," kata Dr. Christine Selby, seorang profesor psikologi di Universitas Husson.

“Jika Anda dapat melihat bahwa apa yang menyatukan Anda berdua adalah persahabatan yang kuat, maka dimungkinkan untuk membangun kembali hubungan sebagai sahabat asalkan ada pemahaman yang jelas bahwa Anda berdua tidak ingin berkencan satu sama lain lagi."

3 dari 4 halaman

Kiat Melupakan Mantan

Terlepas dari pertemanan Acha dan Irwan, banyak orang mengalami kesulitan untuk melupakan mantan mereka dan terus-menerus menyimpan ingatan yang menyiksa.

Untuk itu, penulis dan psikolog klinis Dr. Sherrie Campbell menyarankan untuk mengambil enam bulan hingga satu tahun tanpa kontak untuk sepenuhnya melupakan mantan.

Enam bulan hingga satu tahun bisa dilalui sebelum memasuki kembali kehidupan mereka sebagai teman.

"Dengan cara ini, Anda melalui perasaan patah hati dan akan dapat menangani perasaan ketika melihat mantan Anda dengan orang lain. Dengan kata lain, kuncinya adalah menghindari rasa cemburu,” tutup Sherrie.

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.